Dosen Tamu dari AS Mulai Bertugas di UNM

  • PDF

chairilUNM- Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama (PR IV) Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Gufran Darma Dirawan, M.Ed., di ruang kerjanya belum lama ini menerima kunjungan Heather Laurel Phillips, English Language Fellow dari RELO yang akan bertugas sebagai dosen tamu di Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNM mulai September 2016 hingga Juni 2017.

RELO (Regional English Language Office) adalah lembaga Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) yang bertujuan memajukan pendidikan bahasa Inggris dan pembelajarannya di seluruh dunia. Di Indonesia, RELO berkedudukan di Kedutaan Besar AS di Jakarta, dan membina kegiatan RELO di Indonesia dan Timor Leste. Salah satu kegiatan RELO adalah membantu kampus-kampus di seluruh dunia dengan menempatkan English Language Fellow (ELF) untuk mengajar bahasa Inggris.

Heather Phillips bertamuke PR IV setelah bertemu dengan Dekan FBS, Dr. Syarifuddin Dollah, M.Pd., dan para pembantu dekan FBS di Kampus Parang tambung beberapa hari sebelumnya. Menurut Chairil Anwar Korompot, Ph.D., dosen Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM yang ditunjuk RELO sebagai counterpart (mitra kerja) di UNM, selain mengajar mahasiswa program S-1, Ibu Heather juga akan menyajikan workshop dan seminar dalam bidang pengajaran bahasa Inggris dan creative writing. Beliau juga dapat membantu akademisi UNM yang hendak memeriksakan (proof reading) karya tulis ilmiah mereka sebelum dikirimkan ke jurnal-jurnal internasional.

Ibu Heather merupakan salah satu dari 11 orang ELF yang ditempatkan oleh RELO Jakarta di berbagai universitas di Indonesia dan Timor Leste. UNM terpilih menjadi salah satu tuan rumah bagi ELF setelah bersaing ketat dengan puluhan universitas lain di seluruh Indonesia yang mengajukan aplikasi untuk menjadi host pada tahun akademik 2016-2017.

Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris FBS, Dr. Maemuna Muhayyang, M.Pd. yang mengantar Ibu Heather dalam pertemuan tersebut, mengemukakan bahwa kepercayaan RELO merupakan pengakuan atas kapasitas Jurusan Bahasa Inggris FBS UNM sebagai salah satu institusi pendidikan bahasa Inggris terbaik dan terkemuka di Indonesia. Ini diperoleh antara lain berkat akreditasi A dari BAN-PT kepada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan akreditasi B bagi Prodi Sastra Inggris dan Prodi Business English.

Indonesia bukanlah negeri yang asing bagi Ibu Heather. Sebelum ke Makassar, Ibu Heather pernah bekerja sebagai guru bahasa Inggris di Jakarta, Padang dan Yogyakarta. Sebelumnya, Ibu Heather pernah bekerja di Thailand, Uni Emirat Arab, Republik Ceko, dan Belanda.

Selamat datang dan selamat bekerja di UNM, Ibu Heather.

Last Updated on Senin, 19 September 2016 09:06

Anda berada di: