Prodi Akuntansi FE Gelar Seminar Ekonomi Kreatif

  • PDF

WhatsApp_Image_2019-11-28_at_06.50.11UNM- Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2016 Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan seminar ekonomi dengan tema “Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Ekonomi Digital di Era 4.0” bertempat di Ballroom pinisi B lt.2 pada Rabu, 27 November 2019.

Ahmad Fathul Mukmin, selaku ketua panitia, mengungkapkan bahwa seminar ini dilakukan untuk mengenalkan kepada mahasiswa bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan penunjang pertumbuhan ekonomi di Indonesia, sehingga ia berharap setelah pelaksanaan seminar, mahasiswa dapat lebih termotivasi untuk berwirausaha.

Seminar ini menghadirkan Gagaring Pagalung (Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan, Abdul Malik Faisal ( Kepala Dinas Koperasi & UMKM Sulawesi Selatan), dan juga Andi Sulfahmi (Creativepreneur, CEO Achord Entertainment) sebagai narasumber.

Dalam penyampaian materinya, Gagaring Pagalung, mengatakan bahwa Akuntan akan selalu mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kualitas dan pemberdayaan UMKM.

“Akuntansi siap memberikan kontribusi optimal untuk mewujudkan prosperous society,” terangnya.

Selain itu, Kepala Dinas Koperasi Sulsel, Abdul Malik Faisal, juga mengatakan dalam penyampaian materinya, seminar ini sangat cocok untuk mahasiswa ikuti sebagai upaya mengubah pemikiran mahasiswa yang awalnya berniat setelah lulus langsung mencari kerja tanpa berniat membuka usaha atau lapangan kerja baru.

“Kegiatan ini sangat cocok untuk mahasiswa yang mindsetnyamenjadi pekerja. Terutama sebagai lulusan ekonomi, harusnya bisa menjadi orang yang berenterpreneur,” jelasnya.

Selanjutnya ditambahkan juga oleh Andi Sulfahmi selaku pelaku UMKM, ia mengatakan, bahwa kegiatan enterpreneur atau bisnis utama di era 4.0 hari ini adalah kegiatan mengubah masalah menjadi peluang.

“Internet adalah salah satu alat kebebasan untuk memilih mau jadi content creator, komentator atau memilih untuk berkarya. Bisnis adalah waktu, siapa yang cepat dan berinovasi dialah yang akan menang,” jelasnya.

Anda berada di: