Tim Divisi Jurnal Pascasarjana UNM Semakin Menggiatkan Publikasi Ilmiah

  • PDF

UNM- Dalam rangka mewujudkan World Class University, Universitas Negeri Makassar melalui Team Divisi Jurnal Pascasarjana semakin menggiatkan publikasi artikel melalui jurnal online baik skala nasional maupun internasional. Publikasi Jurnal sekarang ini merupakan salah satu syarat wajib bagi peneliti, dosen dan mahasiswa sebagai luaran penelitian dan proses penyelesaian studi.

Saat ini Terdapat 17 Jurnal online yang aktif dalam proses publikasi secara online.Dari beberapa jurnal tersebut, diantaranya EST, JPPK telah terindex DOAJ kemudian ELT World, dan Daya Matematis telah terindeks oleh SINTA (Science and Technology Index) dan Copernicus. Selain itu, terdapat juga 13 jurnal yang telah berjalan seperti Jurnal Ilmu Administrasi Publik, UNM Geographic Journal, UNM Environmental Journals, NUANSA Journal of Art and Design, PEP Education Assesment, Chemistry Education Review, SPORTIVE Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, Phinisi Integration Review, UNM Journal of Biological Education, PINISI Discretion Review, dan Indonesian Journal of Educational Technology, dan beberapa jurnal lainnya yang belum online. “Dengan semakin menggiatkan publikasi artikel dan tata kelola jurnal online, kami mengharapkan melalui Divisi Jurnal Pasca, semua jurnal semakin meningkatkan kualitas jurnal ke level yang lebih tinggi lagi hingga terakreditasi” ungkap Muhamad Ihsan Azhim selaku IT Supporting Editor di UNM Geographic Journal.

Sebagai ketentuan publikasi pada jurnal, penulis/author melakukan submit atau pendaftaran artikel secara langsung pada website OJS (Online Journal System). “Penulis seharusnya diberikan pengarahan dan tutorial tata cara melakukan submission artikel secara daring/online. Hal ini untuk menghindari beberapa kesalahan submit seperti file yang kosong dan lain – lain.” Jelas Muzaki, Managing Editor UNM Environmental Journal.

Selanjutnya artikel akan melalui proses peer-review pada reviewer yang ahli dibidangnya hingga dapat publikasi. Untuk lebih jelasnya tentang proses penerbitan dan jurnal yang sedang Call For Paper dapat di akses langsung ke laman http://ojs.unm.ac.idInfo seputar jurnal di Program Pascasarjana dapat diakses di website http://divisijurnal.pps.unm.ac.id/

Upaya yang telah dilakukan Divisi Jurnal adalah melakukan pendampingan ke jurnal yang dikelola program studi, mengarahkan penulis pada jurnal yang tepat sesuai kajian jurnal, pendampingan jurnal terkait tatakelola, pengindex, dan proses penerbitan hingga dapat terakreditasi. Semoga Tahun ini sudah ada yang jurnal yang terakreditasi dan mengajukan ke Scopus sebagai index jurnal bereputasi internasional.

Citizen reporter, Muh. Ilham bakhtiar (Divisi Jurnal PPs UNM)

Last Updated on Senin, 12 Maret 2018 10:36

Anda berada di: