Fakultas Teknik UNM Bersama BEM Hadirkan Pakar PKM dari Kemenristek Dikti

  • PDF

Foto_KegiatanUNM- Minggu, 9 Oktober 2016 Fakultas Teknik dan BEM Fakultas Teknik adakan Sosialisasi dan Klinik Proposal PKM 2017 Ballroom Pinisi Lt. 2 UNM. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan yaitu Drs. H. Arifuddin Usman, M.Kes. Sosialisasi dan Klinik Proposal PKM 2017 yang merupakan kelanjutan dari “Workshop Gerakan 500 PKM Fakultas Teknik UNM” ini dihadiri kurang lebih 650 peserta dari mahasiswa dari berbagai angkatan dan jurusan di Fakultas Teknik sertasekitar 100 orang dosenpembimbing, dan pendamping Gerakan 500 PKM Fakultas Teknik UNM.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik UNM, Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf., M.T saat sambutannya mengatakan “Sosialisasi dan Klinik Proposal ini bertujuan memberikan pemahaman kepada para peserta terkait pemasukan proposal yang mulai dibuka pada tanggal 10 Oktober – 12 November 2016”.Beliau yang merupakan dosen Fakultas Teknik UNM dan sekaligus sebagai salah satu team pakar PKM mengundang 3 pakar PKM yang merupakan reviewer dari Ditjen Belmawa KemenristekDikti, yakni Prof. Ir. Jamasri, Ph.D (Dosen UGM), Drs. Bandung Ary S, M.Ilkom (Dosen ITS), dan Yudi Harianto, ST (Kasi Kreativitas Ditjen Belmawa Kemenristek Dikti).

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa Fakultas Teknik mengenai Proposal PKM yang baik untuk didanai.

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan program tahunan yang diadakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. PKM menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajari di bangku kuliah dan diterapkan pada masyarakat luas. Ada 5 Bidang PKM yaitu: (PKM-Penelitian, PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat, PKM-Kewirausahaan, PKM-Penerapan Teknologi, dan PKM-Karsacipta)

Pada sambutannya, Irka Ismunandar selaku ketua BEM FT UNM mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk untuk mewujudkan suasana ilmiah di kampus Fakultas Teknik UNM.

Selanjutnya Ketua panitia gerakan 500 PKM, Dr. Satria Gunawan Zain, M.T., menambahkan bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut dengan pendampingan PKM sesuai skim hingga pengiriman PKMmelalui Sisbelmawa Kemenristek Dikti.

“Perlu Kita Ukur kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa melalui gerakan 500 PKM serta kegiatan ini menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa untuk memperbaiki tulisannya”, ungkap Drs. H. Arifuddin Usman., M.Kes selaku Wakil Rektor 3 UNM saat memberikan sambutan.

Beberapa mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk memaparkan ide Proposal PKM yang sementara dibuat maupun yang belum mendapatkan pendanaan dan kemudian langsung di berikan komentar dan masukan dari para Pakar.

Dr. H. Muhammad Yahya., M.Kes., M.Eng. saat menutup acara mengungkapkan menyatakan bahwa acara Sosialisasi dan Klinik Proposal telah selesai dilaksanakan, Beliau berharap bahwa wajah-wajah mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas Teknik lah yang akan mengangkat nama baik Fakultas Teknik. Beliau juga berharap bahwa kegiatan ini akan terus berlanjut.

Anda berada di: