Jurnal JPPK UNM Mendapat Pelatihan Pendampingan Akreditasi Jurnal oleh Kemenristekdikti

  • PDF

pelatihan_Jurnal_JPPKUNM- Melalui surat kemenristekdikti no 1460/E5.2/TU/2017 tentang undangan pelatihan penerapan aplikasi jurnal oleh kemenristekdikti merupakan pelatihan pendampingan mengelola jurnal online persiapan Akreditasi. Dilaksanakan Kamis, 06 Juli 2017 di Ruang Rapat Sekolah Pascasarjana Universitas Hasanuddin.Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling (JPPK) Prodi BK UNM merupakan salah satu dari 24 jurnal yang terpilih untuk wilayah sulawesi mendapat pendampingan persiapan akreditasi jurnal online oleh kemenristekdikti.

kegiatan ini  merupakan hasil evaluasi pendaftaran akun di arjuna.“Saat ini kemenristekdikti sedang melakukan Cluster evaluasi terhadap jurnal-jurnal yang sudah terdaftar di arjuna jumlahnya saat ini 2400an lebih, yang terakhir dikoreksi 1400 dan 800 dievaluasi Ini yang akan di cluster berdasarkan boboknya dari 1-7 dan disuplai ke sinta. 7 itu paling bawah dan 1-6 akan di suplay ke sinta. “ungkap Direktur Dit Pengelolaan Kekayaaan Intelektual Kemenristekdikti dalam sambutannya”(06/07/2017).

"Masih banyak sebenarnya teman kita yang belum mendaftarkan ke Arjuna, kalau kita lihat dari jumlah keseluruhan jurnal elektronik yang ada di Indonesia saat ini ada sekitar 18ribuan lebih jurnal yang memperoleh issn secara elektronik, artinya jurnal yang dikelola secara elektronik itu sudah cukup banyak", Lanjutnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan jurnal yang mendapat pendampingan melalui pelatihan hari ini (06/07/2017) dapat serius dalam mengelola jurnal onlinenya hingga dapat terakreditasi nantinya. Dan menjadi motivasi bagi intitusi yang hadir untuk mendorong jurnal-jurnal yang ada dimasing-masing perguruan tinggi dapat di kelola dengan baik.

Terkait dengan Sinta (Scince and Technology Index) yang merupakan portal yang dikembangakn kemenristekdikti dalam rangka pengukuran jumlah publikasi ilmiah melalui kinrtja, sitasi relasi dan pengindekx saat ini masih melakukan verifikasi terhadap peneliti atau dosen yang telah melakukan registrasi. Namun tidak semua berhasil diverifikasi karena terdapatnya berbagai kendala.

Dr Lukman menjelaskan beberapa hal yang menjadi kendala yaitu peneliti atau dosen yang telah registrasi memiliki google schoolars yang tidak aktif, email notivikasi tidak mendapat verifikasi dari penulis dan karya yang di cantumkan di google schoolar bukan tulisan dari peneliti tersebut. Kemudian saat ini sudah ditutup kesempatan untuk registrasi dan akan di buka kembali Agustus mendatang. Jelas Dr Lukam dari PDII LIPI.(06/07/2017).

Untuk mempersiapakn jurnal yang dapat diakreditasi, kunci utama berada pada peran serta para pengelola. Mulai dari editor hingga reviewer. Ada dua hal utama yang perlu menjadi ukuran dan penilaian akreditasi yang perlu dan penting dalam mempersiapkan diri untuk dapat terakreditasi yaitu: syarat pengajuan terdiri dari memiliki E-ISSN, mencantumkan etika publikasi, bersifat terbitan ilmiah dengan melakukan proses peer review, telah terbit dua tahun berurutan, terbitan paling sedikit 2 kali dalam setahun, artikel terbit minimal 5 dan telah terindek nasional kemudian yang kedua melalui evaluasi penilaian terkait: penamaan, jelas Aims and Scope, jelas kelembagaannya/penerbitnya, memiliki dewan penyunting, mitra bertari/reviewer, ada petunjuk dan template penulisan, menggunakan aplikasi referensi, statistik akses, memiliki DOI, judul sirahan, Penomoran, manajemen pengelolaan yang baik dan benar, jadwal terbitan, Arsip dan memiliki Dampak Ilmiah/Sitasi.

“Saat ini Jurnal JPPK UNM hampir seluruhnya memenuhi seluruh komponen penilaian akreditasi, diantaranya telah terindek dengan reputasi internasional yaitu DOAJ dan EBSCO sehingga saat ini dilakukan persiapan-persiapan untuk pendaftaran di Akreditasi Jurnaldan dari hasil evaluasi diri yang telah dilakukan mendapatkan nilai baik semoga ini menjadi semangat untuk tahun ini kami dapat mendaftarankan ke Arjuna (Akreditasi Jurnal Nasional).

Dukungan dan dorongan dari pimpinan perguruan tinggi sangat kami harapkan” jelas Ilham Bakhtiar pengelola jurnal JPPK UNM

Anda berada di: