FIP UNM Gelar Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru

  • PDF

8f64539b-78a1-475f-b9fb-481f74d85e9eUNM- Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Pengembangan karakter mahasiswa baru angkatan 2018, di ruang teater menara Phinisi UNM, Kamis (20/9/2018). Kegiatan yang digelar dalam bentuk seminar nasional diikuti lebih dari 848 mahasiswa baru serta sejumlah dosen dalam lingkup FIP UNM.

kegiatan tersebut mengusung tema "Membangun Karakter Kebangsaan Melalui Pengalaman Pancasila Bagi Mahasiswa FIP UNM 2018" dengan menghadirkan narasumber Mantan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudi Latif,R dan Imam Firmansyah.

Dalam sambutannya, Dekan FIP UNM, Abdullah Sinring mengungkapkan perlunya membangun karakter utamanya karakter kebangsaan bagi mahasiswa baru, menurutnya, pengetahuan tanpa karakter akan membuat seseorang akan menyalahgunakan pengetahuannya.

"Penanaman karakter, inti dari semua perolehan belajar kita adalah perilaku, karena pengetahuan tanpa perubahan perilaku yang lebih baik maka pengetahuan tak ada artinya," ungkapnya.

Sementara itu Wakil Rektor 4 Prof. Gufran Darma Dirwan mengingatkan bahwa kesuksesan seseorang bukan hanya ditentukan dari apa yang ia ketahui melainkan bagaimana karakter diri seseorang dan karakter tersebut diajarkan dalam lokalitas nilai-nilai kebudayaan.

"Kunci kesuksesan bukan hanya sekedar pengaturan tapi juga karakter diri, kejujuran, amanah, dan rasa tanggung jawab yang dimiliki seseorang, dan itu bisa kita dapatkan dalam nilai-nilai kebudayaan kita sebagai orang Bugis Makassar," tandasnya.

Last Updated on Kamis, 20 September 2018 13:46

Anda berada di: