Kabar Pendidikan

Butuh Banyak Strategi Atasi Krisis Literasi Di Indonesia Membacakan Cerita Salah Satunya

  • PDF
Untitled document

rilisDua orang pendidik, yaitu Farida Ohan dosen Universitas Negeri Makassar dan Nurcaya Pengawas Maros Sulsel, membacakan cerpen Pohon Hayat, karya Mashdar Zainal. Ruangan sengaja  dimatikan lampunya, intonasi pembacaan dan penjiwaan yang dalam mereka terhadap bacaan membuat audiens terpekur, terhanyut merenungkan kematian, bahkan ada yang sampai menangis. Fragmen ini adalah salah satu sesi pelatihan USAID PRIORITAS tentang pengelolaan budaya baca  yang di hadiri 40 peserta dari enam kabupaten/kota di Sulsel (Horison Makassar, 17/8). Fragmen ini diharapkan menginspirasi  peserta dan  menerapkannya di kabupaten masing-masing sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan minat baca.  

Last Updated on Kamis, 20 Agustus 2015 13:46

Baca selengkapnya...

Optimalkan Peranan Service Provider, Lokakarya bagi 16 LPTK Digelar

  • PDF
Untitled document

Jakarta--Sebanyak 16 Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang tersebar di tujuh provinsi mengikuti lokakarya nasional. Lokakarya ini merupakan bentuk kerja sama antara 16 LPTK mitra dengan USAID PRIORITAS (Prioritizing Reform Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia's Teachers, Administrators and Students); program lima tahun yang didanai oleh USAID, yang dirancang untuk meningkatkan kualitas akses pendidikan dasar di Indonesia.

Baca selengkapnya...

Gerakkan Masyarakat untuk Gemar Baca dan Tulis

  • PDF
Untitled document

UNM - Warga sekolah yang terdiri dari semua unsur di sekolah, yaitu kepala sekolah, komite, guru, penjaga sekolah, siswa, dan semua yang masuk ke sekolah, secara massif harus mulai digerakkan untuk bersama-sama membiasakan diri membaca dan menulis. Demikian diungkapkan oleh Amir Mallarangan, Spesialis Pelatihan Guru Sekolah Dasar pada acara pertemuan reviu sekolah percontohan USAID PRIORITAS yang diadakan di Hotel BBC Sengkang (28 April 2015).        

Baca selengkapnya...

SD Ini Jalankan Puluhan Cara Tumbuhkan Minat Baca Anak

  • PDF
Untitled document

alfian_2UNM - “Budaya baca sangat penting diterapkan. Selain karena kitab suci ayat pertama yang turun memerintahkan Nabi untuk membaca, yang bisa diartikan untuk mengenali sesuatu kita harus membaca, yang kedua, secara empiris, negara yang maju, adalah negara yang masyarakatnya rajin membaca,” ujar Andi Agusniati, kepala sekolah SDN Kompleks IKIP Makassar saat diwawancarai tentang program budaya baca yang saat ini gencar dilakukan di SDN yang dipimpinnya (10/4/2015).

Last Updated on Juma't, 10 April 2015 10:26

Baca selengkapnya...

Penguasaan Literasi Menentukan Keberhasilan Belajar

  • PDF
Untitled document

DiskusiUNM - Kemampuan membaca di kelas awal sangat menentukan keberhasilan anak belajar di kelas selanjutnya. Ketidakmampuan membaca akan menyulitkan anak memahami pelajaran.” Karena semua mata pelajaran mengharuskan anak membaca, maka kemampuan literasi bagi anak sangat penting,” tutur Spesialis Pengembangan LPTK USAID PRIORITAS Ajar Budi Kuncoro dalam acara National Workshop: Materials Adaptation For Good Practices School di Grand Swiss Bell Hotel, Medan (Kamis,18/9/2014).

Guru Besar Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof. Dr.H. Patta Bundu, M.Ed mengatakan penguasaan literasi tidak hanya berhubungan dengan bahasa Indonesia tetapi juga dengan mata pelajaran lain. Lebih lanjut Patta Bundu mencontohkan mata pelajaran IPA, banyak konsep IPA yang harus dipahami anak dengan cara membaca. Anak tidak cukup mampu membaca teks namun harus pula mampu memahami konteks bacaan. ”Selama ini banyak kencenderungan IPA dihafal, ini disebabkan karena IPA tidak diajarkan dengan model-model yang lebih subtansial,” tuturnya.

Last Updated on Kamis, 18 September 2014 17:00

Baca selengkapnya...

Anda berada di: