500 Peserta Ikuti Seminar Nasional Pomnas XV di UNM

  • PDF

seminar_pomnasUNM- Sebanyak 500 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia mengikuti seminar nasional dalam rangka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-XV, Senin (16/10) dengan mengangkat tema "Kebersamaan dan Keberagaman dalam Pembinaan Olahraga Mahasiswa untuk Meraih Prestasi Melalui Pomnas VX 2017". Seminar yang digelar di Lantai 3 Ruang Teater Menara Pinisi ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. Mulyana, M.Pd., Prof. Dr. Andi Ikhsan, M.Kes., dan Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Drs. Arifuddin Usman, M.Kes selaku Ketua Panitia Seminar nasional ini mengungkapkan seminar nasional ini diikuti kurang lebih 500 peserta yang berasal dari 34 provinsi dari utusan Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) 34 Provinsi, pascasarjana, serta mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan. 

Lanjutnya, Ia mengatakan sesuai dengan tema yang diusung seminar ini bertujuan membentuk karakter dan menumbuhkan semangat juang mencapai prestasi terbaik membentuk sportivitas jiwa ksatria bagi mahasiswa, memupuk dan meningkatkan rasa persaudaraan dan persahabatan antar mahasiswa se-Indonesia, meningkatkan dan mengembangkan persatuan dan minat bakat olahraga serta disiplin mahasiswa agar membangun prestasi.

"Seminar ini juga kami harapkan bisa membentuk dan meningkatkan mahasiswa dalam berbangsa dan bernegara berdasarkan pancasila", ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, M.TP ketika membuka dengan resmi seminar ini mengatakan seminar ini menghadirkan narasumber yang mumpuni dibidangnya sehingga bisa memberikan gambaran bagaimana menciptakan kebersamaan dalam olahraga kepada mahasiswa sesuai dengan temanya.

"Selain bisa memberikan arahan mengenai komitmen dan menciptakan kebersamaan, para narasumber yang hadir saya kira bisa memberikan pembinaan mental kepada mahasiswa", katanya.

Ia melanjutkan, dalam pembinaan olahraga yang paling dibutuhkan adalah mental. Oleh karena itu, harus beriringan antara mental, keterampilan, dan knowledge. "Ketiga hal tersebut harus seimbang untuk membentuk kesempurnaan yang bisa membawa kita mencapai prestasi".

Ia berharap seminar ini mampu melahirkan mahasiswa berprestasi dibidang olahraga yang memiliki mental yang baik dan juga karakter yang kuat sehingga bisa membanggakan kita di tingkat nasional maupun internasional.

Anda berada di: