Sempurnakan Reformasi Birokrasi, UNM Gelar Sosialisasi Penyelarasan Peta Bisnis dan SOP

  • PDF

d45fa69d-c3b1-4cc9-990f-a224e167a301UNM- Universitas Negeri Makassar (UNM) berkomitmen menerapkan Reformasi birokrasi dan tata kelola yang baik di lingkungan kampus. Demi mewujudkan hal tersebut, UNM melaksanakan sosialisasi penyelarasan peta proses bisnis dan standar operasional prosedur (SOP), di menara Pinisi, Makassar, Rabu, (12/12)

Sosialisasi ini menghadirkan pemateri Kementerian Riset, Tekonolgi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), yakni, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti, Wisnu Sardjono Sormarso, Kasubbag Sistem Prosedur biro hukum dan organisasi Kemenristekdikti Mohammad Ali Akbar, dan Staf Biro Hukum organisasi Hadi Wahyuona dengan peserta sebanyak 90 orang.

Rektor UNM, Prof Husain Syam dalam sambutannya mengatakan, reformasi birokrasi di UNM sudah dijalankan dengan cukup baik. Namun tantangan dan situasi zaman menuntut agar bisa lebih baik lagi.

"Reformasi Birokrasi telah kita lakasanakan, tapi kita ingin meningkatkan, memudahkan layanan dan dapat diketahui masa pelayanan," jelasnya.

Eks Dekan Teknik UNM tersebut melanjutkan, perkembangan teknologi dalam revolusi industri 4.0 sangat penting dalam mengembangkan layanan dan menjadi bagian dari SOP pelayanan di kampus pencetak guru itu.

"Reformasi birokrasi memberikan standar pelayanan dengan baik dengan berpedoman pada tata aturan yang jelas. Tekonolgi akan menopang dan komitmen kita semua mewujudkannya. Hal ini harus dijalankan oleh lingkungan UNM, supaya perguruan tinggi dapat efektif efisien dan tercipta pelayanan publik yang berkualitas," tambahnya lagi.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemenristekdikti, Wisnu Sardjono Sormarso dalam paparannya menyampaikan delapan area perubahan reformasi birokrasi yang perlu diperhatikan guna mewujudkan hal tersebut.

"Kedelapannya yakni area organisasi, tata laksana, mental aparatur, pelayanan publik, akuntabilitas, pengawasan, SDM Aparatur, dan peraturan perundang undangan. Kunci sukses penerapan reformasi birokrasi yang berkualitas terletak pada kecakapan pimpinan dan keterlibatan secara aktif tim pelaksana dan pelaksanaan mengikuti semua ketentuan," tandasnya.

Anda berada di: