Fakultas Ilmu Sosial

  • PDF

Sekilas tentang  Fakultas Ilmu Sosial

Pada tahun 1965, fakultas ini bernama Fakultas Keguruan Pengetahuan Sosial (FKPS) dengan dekan pertama Drs. Abdul Karim. FKPS merupakan salah satu pilar utama pada saat pembentukan IKIP Makassar. Sebelum menjadi fakultas dalam lingkungan IKIP Makassar, berbentuk program/kursus BI yang terdiri atas BI Hukum, BI Ekonomi, dan BI Sejarah. Setelah Kursus BI diintegrasikan  dalam Universitas Hasanuddin pada tahun 1961, kursus BI tersebut menjadi jurusan Civic Hukum, Jurusan Ekonomi Koperasi, Jurusan Ekonomi Perusahaan, Jurusan Sejarah, dan Jurusan Ilmu Bumi dalam lingkungan FKPS-IKIP Makassar.

Sejalan dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga induknya, nama FKPS kemudian berubah menjadi FKIS atau Fakultas Keguruan Ilmu Sosial, selanjutnya berubah lagi menjadi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS). Setelah konversi, FKIS menjelma menjadi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial disingkat FEIS.

Pada tahun 2007, FEIS membawahi lima jurusan, yaitu: Jurusan PPKn, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Manajemen, dan Sosiologi, dengan Dekan Drs. Amiruddin, M.Pd. Jumlah mahasiswa yang terdaftar pada tahun 2006/2007 sebanyak 1899 orang dengan jumlah dosen 125 orang. Kampus FEIS berada di Kampus Induk Gunungsari Baru, Jalan A.P. Petta Rani, Makassar. Pada tahun 2008 dengan SK Rektor Nomor 6822/H.36/KL/2007, tentang pembentukan Fakultas Ekonomi sehingga FEIS berubah menjadi FIS dengan jurusan/prodi PPKn, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Sosiologi.

Anda berada di: