Mahasiswa KKN-PPL UNM sukses gelar Lomba Sumpah Pemuda di SMP Negeri 6 Labakkang

  • PDF

penyerahan_hadiahUNM- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Makassar (UNM) Angkatan XVII Tahun 2018 sukses menggelar lomba sumpah pemuda di SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM yang dilaksanakan senin, 29 oktober 2018.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi, staf pendidik dan kependidikan SMP Negeri 6 Labschool UNM. kegiatan tersebut dimulai dengan upacara bendera yang kemudian dirangkaikan dengan pembukaan lomba sumpah pemuda oleh kepala sekolah, Abd. Majid, S.Pd. Dalam amanatnya menyampaikan bahwa “Sebagai seorang anak muda kita dituntut untuk bisa berperan serta dalam kemajuan bangsa dan negara karenanya pemuda-pemudi harus mampu belajar dimana dan kapan saja apalagi di era milenial ini”.

Adapun rangkaian kegiatan lomba antara lain lomba costplay (mirip pahlawan), lomba pembacaan teks sumpah pemuda, lomba pidato dan lomba puisi. Kegiatan lomba dimulai dengan long march dengan mengenakan pakaian yang bertemakan sumpah pemuda, kemudian dilanjutkan dengan lomba-lomba selanjutnya.

Adapun disela-sela pelaksanaan lomba panitia melakukan pengundian doorprize kepada siswa-siswa untuk menambah kemeriahan dalam mengikuti setiap rangkaian acara. Untuk penilaiaan lomba dilakukan oleh kombinasi guru dan mahasiswa.

Muh Fikri selaku ketua panitia mengatakan “kegiatan ini merupakan Ajang refleksi untuk mengenal dan memahami apa arti peran pemuda pemudi memperjuangkan harkat dan martabat bangsa Indonesia selain itu lomba ini bukan lomba semata melainkan Nilai apa yang kita dapat dari lomba tersebut jadi lomba cuman sekedar instument atau cara untuk menamkan karakter nilai persatuan dan cinta tanah air.

Pada kesempatan ini Imam Taufiq selaku koordinator sekolah KKN-PPL UNM menyatakan “semangat nasionalisme perlu ditumbuhkan kembali utamanya di bangku sekolah salah satunya dalam bentuk lomba,” imbuhnya.

Rangkaian kegiatan ini kemudian diakhiri dengan pemberian hadiah kepada juara lomba sumpah pemuda dan ditutup oleh wakil kepsek Muh. Hamka, S.Pd.” Kami sangat mengapresiasi mahasiswa yang telah menyukseskan kegiatan ini dan Semoga kegiatan seperti ini bisa dan diharapkan menumbuhkan jiwa nasionalisme dari siswa serta kegiatan ini bisa menjadi tradisi di masa yang akan datang, ujarnya.

Anda berada di: