Kolaborasi Sehari Belajar di Luar Kelas bersama Mahasiswa KKN-PPL Terpadu SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara

  • PDF

kknUNM- Dalam rangka memperingati Hari Belajar Luar Kelas sedunia, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terpadu Angkatan XIX Universitas Negeri Makassar (UNM) berkolaborasi bersama siswa dan guru di SMP Negeri 3 Polongbangkeng Utara guna membangkitkan semangat belajar siswa, Kamis (07/11).

Kegiatan diawali dengan menjemput siswa di gerbang dengan S3 (Senyum, Salam, Sapa) kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, cuci tangan dan berdoa sebelum makan, makan bersama, simulasi bencana, senam Germes, permainan tradisional, mendeklarasikan diri sebagai sekolah ramah anak, menyanyikan lagu Maju Tak Gentar, membersihkan lingkungan sekitar serta membaca buku diluar kelas.

Basri selaku guru IPS SMPN 3 Polongbangkeng Utara yang turut hadir memeriahkan kegiatan merasa bahagia dengan kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa KKN ini.
"Dengan adanya momentum seperti ini kami sebagai guru tahu dan memahamkan siswa bahwa belajar tidak harus selalu di dalam kelas. Diluar kelas kita memiliki keindahan alam yang mampu membangkitkan kreatifitas siswa maupun gaya belajar yang diterapkan guru, bagusnya jika dilaksanakan tiap hari," ujarnya sambil tertawa

Koordinator Sekolah KKN-PPL Terpadu Angk. XIX UNM SMPN 3 Polongbangkeng Utara, Chandra berharap dalam peringatan hari belajar di luar kelas ini mampu memberi semangat kepada siswa dan meningkatkan solidaritas sesama warga sekolah.
"Saya berharap sehari belajar diluar kelas ini mampu memberi semangat siswa agar rajin belajar dan meningkatkan jiwa solidaritas dan sportifitas antarsiswa"harapnya.

Momentum hari belajar sehari di luar kelas bisa membuat siswa merasa nyaman dan menganggap bahwa belajar diluar kelas juga menyenangkan hingga mereka mampu mengeksplorasi diri.

"saya sangat senang mengikuti kegiatan ini. Belajar diluar kelas memang menyenangkan tidak membuat suntuk dan monoton memandang papan tulis, apalagi diselingi bermain games bersama guru dan kakak kkn," tutur Riski Wardana (12) siswa kelas 7B.
Siswa dan guru begitu antusias belajar di luar kelas sembari bermain games dan menikmati bekal yang telah disiapkan.

Anda berada di: