Berdayakan masyarakat Mahasiswa KKN PPM olah hasil bumi Lanrisang

  • PDF

Mahasiswa KKN-PPM Universitas Negeri Makassar melaksanakan pelatihan pengolahan hasil pertanian dan perkebunan serta hasil perikanan di Kecamatan Lanrisang Kecamatan Lanrisang. Kegiatan ini berlangsung di lokasi yang berbeda yakni, Amassangang dan Mallongi-longi serta Kelurahan Lanrisang. Pelatihan ini dibimbing langsung oleh Nur Anny Suryaningsih Taufieq, Wahidah Sanusi, Syafruddin Side, Amal Arfan selaku dosen pembimbing KKN PPM-UNM.

 

Koordinator Kecamatan, Muh. Nahdi mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejateraan masyarakat petani, pekebun dan perikanan.

"Masyarakat dilatih agar hasil pertanian atau perikanan yang dihasil masyarakat tidak langsung dijual, namun dapat diolah dan menambah penghasilkan mereka", tuturnya

Lebih lanjut, Koordinator Desa Amassangang, Muh. Hadi Purnomo menjelaskan, “warga terlihat antusias dengan kegiatan ini untuk memberdayakan hasil pertanian yang ada, terutama ketika membuat olahan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya”.

Selain itu, salah satu warga Tahirah warga desa Amassangang mengaku senang dengan adanya pelatihan ini.  “Dari bahan yang biasanya hanya dijadikan sayur akhirnya bisa dijadikan kue” tambahnya. Para warga desa mengharapkan agar masih ada lagi inovasi-inovasi resep yang bisa diterapkan di Desa Amassangang.

Adapun jenis pelatihan yang dilakukan berupa pembuatan nugget pisang keju da coklat, nugget terong, dan barongko terong dari hasil Pertanian dan Perkebunan, sedangkan untuk hasil perikanan berupa Bakso ikan, nugget ikan, serta kerupuk pangsit ikan.

*Peserta KKN-PPM Pinrang

1501920357733

1501920252276

Last Updated on Senin, 07 Agustus 2017 05:58

Anda berada di: