Tim Universitas Negeri Makassar Juara 2 Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2017

  • PDF

IMG-20170727-WA0015UNM- Tim UNM berhasil mengukuhkan namanya sebagai Juara 2 Lomba PCTA Tingkat Universitas Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (27/7). Parade Cinta Tanah Air (PCTA) merupakan salah satu program Kementerian Pertahanan yang dilaksanakan oleh Perwakilan PTP Kemhan di daerah untuk mensosialisasikan dan menyampaikan pesan pembentukan karakter kepada generasi muda Indonesia.

Program ini diperuntukkan bagi mahasiswadan Pelajar SLTA sederajat di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan dengan kegiatan lomba diskusi/uji argument, merupakan upaya membangun karakter bangsa melalui mahasiswa dan pelajar SLTA sederajat, sehingga mampu menuangkan ide/gagasan konstruktif dan menyampaikan secara tertulis atau lisan yang dituangkan melalui media diskusi tentang Bela Negara. Adapun sasarannya adalah terciptanya kemampuan mengekspresikan pemikiran secara lisan tentang pembentukan karakter Bangsa yang berwawasan kebangsaan serta memiliki kesadaran Bela Negara.

Lomba yang mengangkat tema, “Dengan Semangat Bela Negara Generasi Muda Mampu Mengatasi Pengaruh Radikalisme, Terorisme, dan Pengaruh Negatif Media Serta Bahaya Narkoba” ini diikuti oleh 7 Universitas di Makassar yang terdiri dari 5 tim tiap Perguruan Tinggi yang terdiri atas 2 orang.

Di babak penyisihan (berargumen dan menanggapi argument team lain), dua team UNM berhasil maju di babak final dengan sistem soal di tambah menjadi babak rebutan. Adapun team yang berhasil masuk final bersama 2 Tim dari UNM yaitu, 2 tim dari Universitas Hasanuddin, 1 tim dari Unismuh, 1 tim dari UMI, dan 1 tim dari UINAM, dan 1 tim dari STIE Nobel. Dan pada akhirnya, Team dari Unhas berhasil mendapatkan juara 1 disusul oleh team UNM di tempat kedua, dan juara ketiga tim dari UMI.

Tim UNM yang berhasil mendapat juara dua diwakili oleh Muhammad Nasrullah, mahasiswa angkatan 2014, Prodi Elektro dan Ari Eldy, mahasiswa Jurusan Kimia angkatan 2014.

Nasrullah S., selaku pendamping Team Universitas Negeri Makassar mengatakan “Keberhasilan team Universitas Negeri Makassar sebagai Juara 2 dalam Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) 2017 merupakan kerja keras dan kerjasama dalam setiap team, kurangnya persiapan dan mepetnya waktu mebuat kami harus memberikan materi apa adanya kepada 10 orang yang tergabung dalam satu team ini, sikap mental dan pengalaman merupakan suatu hal yang harus kita miliki pada saat perlombaan berlangsung” diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu memupuk semangat bela Negara dalam diri kita masing – masing.
   

Last Updated on Juma't, 28 Juli 2017 09:07

Anda berada di: