Perkuat Layanan, ICT Center Gelar Workshop Pengelolaan IT

  • PDF
Untitled document

DSC_3003UNM – Akses internet saat ini menjadi semakin dibutuhkan oleh sivitas akademika kampus terutama untuk mendukung kegiatan akademik seperti mengakses jurnal, koleksi perpustakaan, e-learning, dan sistem informasi akademik. Namun terkadang terjadi trouble disebabkan oleh kendala teknis seperti kerusakan perangkat. Olehnya itu diperlukan pemeliharaan dan pengecekan berkala untuk menjaga agar peralatan tersebut selalu dalam kondisi baik. Menyadari hal tersebut, UPT. ICT Center berusaha memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai pemeliharaan perangkat dan penanganan troubleshooting. Salah satunya dengan memberikan workshop yang melibatkan SDM di tingkat fakultas pada 25 November 2017.

 DSC_3013

DSC_3020

Workshop sehari ini dilaksanakan di Ruang Video Converence, ICT Lt3. Dihadiri oleh masing-masing 3 perwakilan fakultas. Dalam pembukaan, Muh. Agung, ST., MT selaku direktur ICT Center menjelaskan bahwa operator di fakultas adalah perpanjangan tangan ICT yang bersentuhan langsung dengan perangkat-perangkat IT seperti router dan wireless. Jika SDM di fakultas telah memiliki pemahaman yang memadai, maka persoalan putusnya koneksi dapat dicek dan ditangani lebih cepat sambil menunggu tim jaringan ICT datang ke lokasi.

Selanjutnya,  Prof. Dr.rer.nat, Muharram, M.Si. menekankan pentingnya pelayanan yang cepat dan solutif. Pihak pengelola internet haruslah dapat segera dihubungi jika terjadi trouble. Lebih lanjut dijelaskan bahwa saat ini sudah banyak media komunikasi yang dapat digunakan, misalnya saja via whatsapp dan telegram.

Materi yang diberikan adalah pemaparan pengelolaan IT di tingkat universitas, penjelasan topologi jaringan UNM, pengenalan perangkat dan maintenance jaringan oleh Suqifli. S.Kom. Dalam workshop ini juga di demonstrasikan cara mengecek koneksi, melakukan penyambungan kabel, dan troubleshooting. Peserta sangat antusias mendengarkan pemaparan materi yang diberikan. Diharapkan setelah, penanganan masalah jaringan internet kampus dapat ditangani lebih cepat mulai dari tingkat fakultas hingga pusat.

DSC_3090

Last Updated on Kamis, 30 November 2017 13:34

Anda berada di: