UNM Berpartisipasi dalam Indonesian Research and Education Network (IdREN)

  • PDF
Untitled document

idrenUNM - IdREN merupakan jaringan yang dimanfaatkan untuk pengembangan kegiatan-kegiatan pendidikan tinggi khususnya, riset dan kolaborasi riset internasional, melalui jalur privat yang terhubung ke global REN (Research Education Networks). Pemanfaatan jaringan ini, tidak hanya diperuntukkan perguruan tinggi saja, tetapi juga terbuka untuk kegiatan pendidikan dan riset, oleh lembaga-lembaga terkait dengan sumber daya pendidikan dan riset.

Universitas Negeri Makassar merupakan salah satu perguruan tinggi yang terlibat aktif dalam implementasi IdREN ini. Hartoto, staf ICT Center menjelaskan bahwa keberadaan IdREN dapat mendukung kegiatan pembelajaran, seminar dan kolaborasi melalui jejaring REN, akses konten repositori perkuliahan digital, akses ke sumber belajar dan referensi, serta sumber daya ilmu pengetahuan maju dari lembaga-lembaga riset dunia.

photo_2017-11-30_14-22-26

Lebih lanjut diterangkan bahwa eksperimen yang memerlukan kapasitas layanan sangat besar dapat diwadahi dengan memanfaatkan sumber daya yang berada di jejaring REN global eksperimen dalam jejaring nyata yang tidak dapat dijalankan di jejaring internet komersial. Melalui IdRen, UNM dapat melakukan kolaborasi dan kerjasama antar lembaga pendidikan tinggi dan riset dalam negeri maupun internasional; pengembangan tenaga terampil di bidang jejaring internet dan aplikasi teknologi informasi; serta berbagi sumber daya teknologi informasi antar perguruan tinggi dan lembaga riset, untuk disaster recovery ataupun layanan yang lain.

“Saya telah mengikuti sosialisasinya pada 24 November 2017 di Jakarta dan saat ini tim ICT UNM sementara melakukan konfigurasi pengaktifkan L2 & L3. Saat ini pengelola IdREN pusat juga mengupayakan koneksi akses jaringan dan integrasi layanan ke lembaga nasional, seperti Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia” ungkap Hartoto. IdREN diharapkan menyukseskan peran digital perguruan tinggi dalam meningkatkan proses pembelajaran serta menciptakan lulusan yang berwawasan teknologi.

Last Updated on Kamis, 30 November 2017 14:09

Anda berada di: