kadın doğum doktoru gebelik hafta hafta gebelik kadın doğum kadın doğum uzmanı istanbul kadın doğum doktoru bahçelievler kadın doğum doktoru normal doğum kadın hastalıkları sezeryan doğum hamilelik belirtileri

Ditjen Dikdas Melatih Tim MONEV Kurikulum SD 2013

Untitled document

UNM – Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan pelatihan kepada dosen Program Studi PGSD se Indonesia sebagai Tim Monitoring dan Evakuasi Kurikulum SD Tahun 2013 pada hari Jum’at – Minggu tanggal 08 s.d 10 Nopember 2013 di Hotel Garden Palace Kota Surabaya. Dua puluh orang dosen Program Studi PGSD FIP UNM megikuti kegiatan ini.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Pembinaan SD bapak Ibrahim Bafadal. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 dilaksakan melalui beberapa tahapan. Dimulai dari penyusunan dokumen kurikulum, penyusunan buku siswa dan guru, pelatihan bagi guru inti dan sasaran, proses pendampingan di kelas dan diakhiri dengan monitoring dan evaluasi implemetasinya secara komprehensif dan holistik. Saat ini kurikulum 2013 khususnya di SD sudah diimplementasikan di 2.598 sekolah sasaran ditambah 287 SD yang melaksanakan implementasi kurikulum secara mandiri dari 33 Propinsi.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kegiatan monev difokuskan untuk mengetahui keterlaksanaan implementasi Kurikulum 2013 yang meliputi enam komponen utama yaitu buku guru dan buku siswa, pelaksanaan pelatihan, proses pembelajaran, proses penilaian, manajemen pembelajaran serta layanan kesiswaan. Hasil yang diharapkan tercapai pada kegiatan monitoring dan evaluasi implementasi Kurikulum 2013 yaitu terciptanya dokumen yang memberikan informasi dan pertimbangan yang berkenaan dengan perbaikan Kurikulum 2013 secara nasional, terindentifikasinya faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 di sekolah sasaran serta dinas pendidikan terkait, Terumusnya langkah-langkah tindak lanjut hasil monitoring dan evaluasi pada implementasi Kurikulum 2013.

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2013 di SD akan dilaksanakan oleh Tim yang ditugasi oleh Direktorat Pendidikan Dasar yang terdiri dari Tim dari LPTK, LPMP, dan P4TK. Khusus di Propinsi Sulawesi Selatan jumlah sekolah SD sasaran yang ada sebanyak 170 yang tersebar di 23 Kabupaten dan Kota yang ada. (Kontributor: Ahmad Syawaluddin)

Leave a Reply