Pendataran PPs UNM Dibuka 7 Januari

Untitled document

UNM – Program Pascasarjana (PPs) UNM membuka pendafataran buat calon Mahasiswa Baru (Maba) untuk tahun ajaran 2014/2015 pada 7 Januari ini. Sebanyak 14 Program Studi (Prodi) untuk program magister dan 7 Prodi untuk program doktor.

Ketua Panitia penyambutan Maba PPs UNM, Prof. Dr. Nurdin Arsyad mengungkapkan dari 14 Prodi untuk program magister, terdapat satu Prodi baru yaitu bahasa jerman. Selain satu prodi baru, terdapat pula beberapa kekhususan baru diantaranya, kekhususan untuk pendidikan dasar dibawah naungan prodi Administrasi Pendidikan yang diperuntukkan buat guru-guru SD, kekhususan elektro, elektronika, dan komputer dibawah naungan Prodi PTK. Sementara, lanjut dia untuk program doktor tahun ini PPs UNM belum membuka formasi baru.

 

Nurdin mengatakan untuk tahun ajaran 2014/2015, proses penerimaan Maba PPs UNM diusahakan hanya satu gelombang saja. Akan tetapi, jika belum memenuhi kouta, Prodi yang bersangkutan berhak membuka pendaftaran gelombang kedua. “Untuk gelombang pertama, proses seleksi dimulai pada bulan Januari hingga Maret. Selanjutnya pada bulan April pendafatar gelombang pertama akan melalui serangkaian tes berupa tes tertulis, wawancara dan kesehatan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk gelombang kedua, lanjut dia pendaftaran akan dibuka pada Mei hingga Juni. Ketua Prodi Matematika S2 ini menambahkan tetapi buat calon Maba PPs UNM yang menempuh jalur beasiswa dia menghimbau agar segera mendaftar pada gelombang pertama. Hal tersebut menurut Nurdin, akan lebih memudahkan calon Maba untuk mempersiapkan dan mengurus perangkat yang dibutuhkan untuk administrasi mereka. “Dikhawatirkan jika mendaftar pada gelombang kedua, mereka tidak akan memiliki waktu mengingat durasi untuk penerima beasiswa sangat sempit,” katanya.

Lebih jauh, dia mengatakan buat calon Maba yang ingin mendapatkan formulir pendaftaran, selengkapnya bisa mengunjungi laman resmi website PPs UNM: pps.unm.ac.id.”Formulir bisa didownload di website. Disitu juga sudah lengkap mengenai keterangan pendaftaran Maba PPs UNM tahun ajaran 2014/2015,” katanya.

Sementara itu, Direktur PPS UNM Prof. Dr. Jasruddin, M.Si mengungkapkan, tahun 2014 merupakan tahun penuh berkualitas buat PPs UNM utamanya dalam hal peningkatan kualitas akademik. Olehnya dia menghimbau buat calon Maba agar mampu berkompetitif dan mengikuti prosedur dan tahapan yang telah ditetapkan oleh PPs UNM. Jasruddin mengatakan, ditahun ini juga PPs UNM berupaya untuk memangkas jarak yang terlalu lama dalam penyeleksian Maba sehingga tidak menyebabkan pendaftar terlalu lama menunggu.

Professor Fisika ini menambahkan selain itu, buat Maba PPs UNM tahun ini keistimewaan yang didapatkan karena mendapatkan asuransi jiwa selama 2 tahun untuk program magister dan untuk program doktor selama 3 tahun.

Translate »