kadın doğum doktoru gebelik hafta hafta gebelik kadın doğum kadın doğum uzmanı istanbul kadın doğum doktoru bahçelievler kadın doğum doktoru normal doğum kadın hastalıkları sezeryan doğum hamilelik belirtileri

Menteri Koperasi Beri Kuliah Umum di UNM

IMG_1714

Untitled document

IMG_1714UNM – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Syarifuddin Hasan, SE MM MBA, memberikan kuliah umum di Auditorium Amanagappa UNM, Senin, 20 Januari 2014. Kegiatan yang dihadiri ratusan mahasiswa ini mengangkat tema ‘Outlook Membangun Semangat Wirausaha Pemuda dari Kampus untuk Negeri’.

Syarifuddin menerangkan bahwa jumlah wirausaha pada tahun 2013 sesuai data yang ada berjumlah 4.098.978 orang atau sekitar 1,65% dari total jumlah penduduk di Indonesia. Angka ini naik dari tahun 2012 yang hanya tercatat 3.891.935 orang wirausaha (1,59%). ” Padahal, menurut David Mc Clelland, untuk menjadi suatu negara yang makmur suatu negara harus memiliki minimal 2% entrepreneur dari total penduduknya. Olehnya itu di tahun 2014 ini, kami targetkan jumlah wirausaha meningkat menjadi 6.303.111 orang (2,5%), ” katanya.

 

Dengan persentase 1,65% ini Indonesia menempati urutan keenam jumlah persentase enterpreneur di dunia di bawah Amerika Serikat, Jepang, China, Singapura dan Malaysia. ” Permasalahan yang sering dihadapi dalah rendahnya akses terhadap sumberdaya produksi, rendahnya kualitas SDM, rendahnya produktifitas, tingginya biaya transaksi dan rendahnya daya saing, ” paparnya.

IMG_1701

 

Padahal, lanjutnya potensi negara kita sangat besar, dilihat dari jumlah penduduk Indonesia yang menempati posisi keempat terbesar di dunia, potensi sumber daya alam yang melimpah, letak geografis yang strategis. ” Olehnya itu peran kampus khususnya para dosen untuk mengubah mind set para generasi muda dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja sangat dibutuhkan, ” ujarnya.

Ia menggambarkan bahwa enterpreneur itu adalah Suatu keberanian dan kreatifitas untuk merubah sesuatu yang tidak berguna menjadi yang bermanfaat sekaligus meningkatkan kesejahteraan bagi diri sendiri, masyarakat dan lingkungannya. ” Ciri seorang pengusaha itu adalah Orangnya kreatif, orangnya ulet, tangguh dan pantang menyerah, mampu membaca dan memanfaatkan kesempatan serta memperhitungkan resiko, ” tuturnya.

Seorang enterpreneur menurutnya adalah seorang yang mulia karena mampu memberikan kehidupan bagi yang lainnya dan tidak bergantung pada yang lainnya. Sangat banyak keuntungan yang didapatkan jika kita menjadi entrepreneur diantaranya, memiliki kebebasan untuk mencapai tujuan yang diimpikan, pendapatan yang bisa melebihi gaji sebagai pegawai, kepuasan akan potensi dirinya, terbuka peluang–peluang baru. ” Kuncinya adalah banyak belajar, meningkatkan keterampilan dengan diskusi dan membaca, memperluas jaringan, membuka dan memanfaatkan peluang usaha dan memantapkan sikap dan perilaku, ” pungkasnya

Kuliah umum ini juga dihadiri oleh sejumlah dosen di lingkup UNM dan walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin.

Leave a Reply