PKPD 2 dan Extrakurikuler PPG PGSD UNM

2613

Untitled document

2613UNM – Mahasiswa Program Studi PGSD mengikuti perkuliahan mata kuliah Pengembangan Kepribadian dan Potensi Diri (PKPD II) di Kampus IV Tidung. Mata kuliah dilaksanakan dalam bentuk kegiatan dan  328 mahasiswa semester II angkatan 2013 mengikuti kegiatan ini. Inti dari kegiatan ini adalah mempersiapkan mahasiswa Program Studi PGSD sebagai calon Guru SD. Mereka diharapkan mempunyai bekal bagaimana mengembangkan kepribadian dan potensi diri peserta didiknya (murid SD) kelak pada saat mereka menjadi guru di sekolah dasar.

Khusus untuk PKPD II ini dalam bentuk kegiatan kepramukaan dimana setiap hari Jum’at jam 07.00 mereka mengikuti kegiatan latihan upacara pramuka dan pada hari Sabtu dan Minggu mengikuti pelatihan untuk menyamakan kemampuan kepramukaan sebelum mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD).

Pelatihan pramuka ini diarahkan langsung oleh racana A.P Pettarani dan Emmy Saelan yang berpangkalan di Program Studi PGSD Kampus Tidung, sedangkan untuk KMD, racana dan Kwarcab gerakan Pramuka Kota Makassar akan memfasilitasi kegiatan ini. Kegiatan serupa dilaksanakan juga di Program Studi PGSD Kampus V Parepare dan Program Studi PGSD Kampus VI Bone yang masing-masing dilaksanakan oleh racana Arung Palakka dan Besse Kajuara dan bekerjasama dengan Kwarcab Kota Parepare dan Kwarcab Kab. Bone.

2614

Mata kuliah PKPD dilaksanakan di semester I s.d III masing-masing 1 (Satu) Sks dimana semuanya dalam bentuk kegiatan. PKPD I terdiri kegiatan pelaksanaan tata upacara bendera setiap hari Senin jam 07.00 dan kesamaptaan sedangkan PKPD III kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD. Pelaksanaan kegiatan ini dikordinasi langsung oleh dosen penanggungjawab.

Sedangkan peserta PPG merupakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan Kurikukum PPG yang telah disesuaikan dengan kurikulum 2013. Nantinya mereka akan mendapatkan sertifikat KMD dari kwarcab. (Kontributor: Widya Karmilasari dan Nurhaedah).

Leave a Reply