Semarak Pembukaan Porseni PPG SM3T UNM

DSC_0567

Untitled document

DSC_0567UNM – Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (SM-3T) Universitas Negeri Makassar Angkatan II, berlangsung meriah di Lapangan Sepak Bola Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM Bantabantaeng. Senin, 11/8/2014.

Pelaksanaan  kegiatan tersebut menampilkan tarian tiga etnis yakni Tari Pakarena khas Sulawesi Selatan, Tari Yospan Papua, dan Tarian Ja’i Provinsi NTT. Ditambah devile kontingen peserta yang berjumlah 342 orang dari delapan penempatan daerah pengabdian SM-3T Angkatan II, serta atraksi penyalaan obor Porseni oleh salah satu peserta.

 

Ketua Panitia Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) PPG SM-3T UNM Angkatan II, Adri Hamjan, menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun semangat solidaritas bagi sesama peserta PPG khususnya dalam hal peningkatan life skill, dan juga sebagai wadah publisitas keberadaan PPG SM-3T menuju guru masa depan. Serta kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk perayaan kemerdekaan RI yang ke-69 dan Diesnatalis UNM yang ke 53.

“Melalui Porseni ini, kita semua berharap akan terciptanya pribadi yang berprestasi, memiliki kecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani,” ucap Adri, Senin, 11/8/2014.

Lebih jauh ia mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian integral dalam sistem penyelenggaraan program PPG SM-3T untuk menghasilkan calon guru profesional yang memiliki kompetensi utuh, unggul, dan berkarakter.

DSC_0491

Sementara Dekan FIK UNM, Arifuddin Usman, mengatakan dalam sambutannya, semarak Porseni yang dipelopori oleh peserta SM-3T menjadi program yang pertama kali dilaksanakan dan menjadi prestasi yang membanggakan bagi UNM sebagai penyelenggara PPG.

“Sebanyak 17 penyelenggara program profesi guru se Indonesia, dan hanya Peserta PPG UNM saja yang menyelenggarakan kegiatan yang seperti ini,” ungkapnya.

Ditambahkan olehnya, kegiatan ini tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas serta mewujudkan dan menciptakan semangat juang yang nantinya peserta SM-3T itu sendiri akan menjadi tenaga guru profesional yang memiliki perinsip keteladanan, kedisiplinan, dan kemandirian guna mencerdaskan generasi masa kini dan generasi akan datang.

Kegiatan Porseni PPG SM-3T Angkatan II yang mengangkat tema Raih Juaramu Genggam Profesionalismemu, mempertandingkan tujuh cabang olahraga yakni, Catur, Tenis Meja, Bola Volly, Futsal, Sepak Takraw, Bulu Tangkis, dan Senam. Sementara untuk kegiatan seni akan menampilkan delapan jenis perlombaan yaitu, Karaoke, Lypsinch, Stand Up Comedy, Baca Puisi, Paduan Suara, Melukis, Akustik, dan Tari. Ditambah kegiatan antar waktu berupa Lomba Lari Kelereng,  Tarik Tambang, dan Makan Kerupuk.

Sementara delapan tim yang bertanding berdasarkan lokasi pengabdian peserta, sebelum mengikuti PPG yakni Kabupaten Manggarai Timur, Sumba Timur Provinsi NTT. Kabupaten Raja Ampat, Sorong, Teluk Bintuni, Manokwari untuk Provinsi Papua Barat. Serta Kabupaten Waropen, dan Biak Numfor untuk Provinsi Papua.

Leave a Reply