Mahasiswa UNM Berpartisipasi di Nusantara Leadership Camp Malaysia

IMG_1589

Untitled document

IMG_1589UNM – Sebanyak 150 mahasiswa dari beberapa universitas yang berasal dari berbagai Negara di Asia Tenggara berkumpul di Putrajaya, Malaysia. Mereka menghadiri kegiatan Nusantara Leadership Camp Malaysia 2014 yang berlangsung dari tanggal 23-27 Agustus 2014, berpusat di Kantor Kementerian Komunikasi dan Multimedia Malaysia dan Shangri-La Hotel Putrajaya, Malaysia.

Muh. Hasbi, mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM)  menjadi salah satu finalis yang mewakili Indonesia pada ajang internasional ini yang turut dihadiri pula perwakilan pemuda dari Thailand, Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia. Mahasiswa Fakultas Teknik UNM ini terpilih menjadi peserta setelah melalui tahap seleksi yang cukup ketat dengan Negara lainnya.

Dirinya mengungkapkan “saya tidak menyangka terpilih sebagai perwakilan delegasi Indonesia bersama 40 orang pemuda negeri terbaik ” ungkapnya.

Sebelum berangkat ke negeri jiran, Malaysia. Terlebih dahulu mendapatkan pembekalan untuk delegasi dari Indonesia di Jakarta selama dua hari oleh Wakil Ketua DPR RI tentang wawasan kebangsaan Dr. Sohibul Imam, P.hD. Kegiatan yang bertujuan Menumbuhkan kesadaran untuk berkontribusi bagi daerah tanpa meninggalkan semangat kenusantaraan dan Menumbuhkan pemahaman tentang tantangan yang dihadapi oleh Nusantara serta mampu mengelaborasikannya dengan pemahaman tantangan Nusantara di level global ini di buka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Dato Seri Ahmad Shabery Cheek.

Kegiatan Nusantara Leadership Camp Malaysia (NLC) 2014 merupakan program dari Institute of Leadership Development Universitas Indonesia (iLeaD-UI) yang berskala internasional, Bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Multimedia Malaysia,  kegiatan diharapkan dapat mengoptimalkan serta mengakselerasi potensi bibit-bibit unggul muda Nusantara yang memiliki beragam latar belakang, peminatan, dan keahlian.

Akhir Acara dengan Deklarasi Putrajaya, yaitu Deklarasi Pemuda Se-Nusantara dan Action Plan Nusantara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Thailand) dengan merumuskan dan mempresentasikan program Social Enterpreneurship yang berlaku secara global dihadapan dewan juri. Selain itu, para peserta menampilkan ragam budaya dari Negara masing-masing serta institutional visit ke gedung parlemen dan Menara kembar Tertinggi didunia KLCC Malaysia.

Translate »