Mahasiswa UNM Boyong Dua Penghargaan Narescamp 2014

Untitled document

UNM – Narescamp (National Research Camp) 2014 merupakan sebuah kompetisi mahasiswa tingkat nasional yang terdiri atas penerapan aplikasi riset dan penelitian berbasis pengabdian masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) Universitas Negeri Semarang. Sesuai dengan tema yang diangkat “Aktualisasi Tri darma Perguruan Tinggi”, Narescamp 2014 diharapkan mampu menyatukan mahasiswa Indonesia dengan masing-masing gagasan yang dimiliki untuk mengaplikasikan tri darma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian. Kegiatan Narescamp tahun ini memperebutkan tiga kategori penghargaan yaitu Best Contribution, Best Research, dan Best Presentation.

 

Setelah melalui seleksi ketat terhadap riset melalui Idea Concept Project (ICP), terpilih 15 gagasan terbaik dari berbagai universitas yang akan melakukan pengabdian, presentasi dan pameran karya di desa wisata Semarang yakni Desa Kandri. Salah satu tim yang berhasil menjadi finalis adalah delegasi dari Universitas Negeri Makassar. Tim yang diketuai oleh Mardyanto Barumbun (Mahasiswa Jurusan Matematika) dan beranggotakan Dya Puspitasari (Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia), Herman (Mahasiswa Jurusan Bahasa Indonesia) serta Andi Reza Hidayat (Mahasiswa Jurusan PGSD) mengusung judul riset “Pelatihan Pembuatan Bajabu’ Belut Usaha Agroindustri Rumah Tangga sebagai Upaya Membentuk Masyarakat SMK (Sehat, Mandiri dan Kompetitif) di Desa Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang”. Gagasan pengabdian tersebut diajukan untuk meningkatkan potensi ekonomi desa sasaran yang memiliki budidaya belut. Hasil pelatihan berupa produk pangan “Bajabu’ Belut” nantinya akan menjadi oleh-oleh khas desa wisata Kandri yang lezat dan bergizi.

Setelah mengikuti serangkaian acara sejak 17-19 Oktober 2014, Mardyanto dan kawan-kawan yang merupakan anggota Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar (LPM Penalaran UNM), berhasil meraih penghargaan Best Contribution dengan akumulasi nilai pengabdian, presentasi dan pameran karya tertinggi. Tidak hanya itu, mereka juga berhasil memukau dewan juri dan peserta pada saat presentasi. Alhasil, penghargaan Best Presentation pun diboyong oleh delegasi Universitas Negeri Makassar. Penghargaan ini sekaligus menjadikan delegasi dari Universitas Negeri Makassar menjadi juara umum pada ajang tingkat nasional ini.

Translate »