Muhibah Seni dan Kerjasama UNM – United Kingdom 2014

Untitled document

UNM – Kegiatan Muhibah Seni dan Kerjasama merupakan kegiatan yang didanai oleh Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama DIKTI Kemdikbud. Kegiatan ini bertujuan untuk memperat tali kerjasama antara Perguruan Tinggi di Indonesia dengan Perguruan Tinggi di luar negeri sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia. Universitas Negeri Makassar (UNM) merupakan salah satu yang mendapatkan dana hibah ini pada tahun 2013 melalui kompetisi dengan universitas yang ada di dalam negeri. Untuk pengajuan proposal ini, UNM membentuk tim penyusun proposal yang terdiri dari Rektor UNM, Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Tim Kantor Urusan Internasional (KUI) untuk bagian kerjasama dan dosen Fakultas Seni dan Desain UNM untuk perencanaan pementasan kesenian. Pembuatan proposal dilakukan secara bersama-sama dan diskusi yang cukup panjang. Pertengahan tahun 2013 pengumuman oleh DIKTI menyatakan bahwa proposal yang diajukan UNM dinyatakan lolos.

Setelah proposal ini dinyatakan  lolos dalam tahap seleksi berkas, tim UNM yang diwakili dua orang dari KUI dan dosen FSD melakukan presentasi di Yogyakarta dihadapan reviewer untuk menjelaskan lebih detail tentang rencana program dan mendapatkan masukan dari reviewer yang terdiri dari 5 orang yang berasal dari perguruan tinggi yang berbeda yang ada di Indonesia. Setelah melalui tahap seleksi berkas dan dua kali persentasi, UNM pada akhir tahun 2013 diumumkan mendapatkan dana hibah Muhibah Seni dan Kerjasama ini. Adapun pelaksanaan kegiatannya diadakan pada tanggal 19-25 Oktober 2014 di United Kingdom (London dan Bristol).

University of the West of England (UWE)

Kunjungan pertama dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2014 ke University of the West of England (UWE), Bristol. Acara kunjungan diawali dengan melihat fasilitas kampus yang dimiliki oleh UWE seperti asrama mahasiswa, ruangan kuliah dan sport centre. Kemudian dilanjutkan dengan acara penandatangan MoU antara UWE dan UNM yang ditandangani langsung oleh Prof. Dr. Arismunandar (Rektor UNM) dan Prof. Steve West (Vice Chancellor/Rector UWE). Di pihak UNM, acara ini dihadiri  Prof. Eko Hadi Sujiono, MSi (PR IV), Prof. Hamzah Upu, M.Pd (Dekan MIPA), Prof. Ismail Tola (Dekan FIP), Prof. Hasnawi Haris (Dekan FIS), Dr. Karta Jayadi (Dekan FSD), Prof. Samsul Bahri (Dekan Psikologi), Dr. Kisman Salija (Dekan FBS), Prof. Jasrudin (Direktur Pascasarjana UNM), Prof. Muris, M.Si (Ketua Program Studi Fisika pada Pascasarjana), Yasser Djawad, PhD (Ketua Kantor Urusan Internasional), Chairil Anwar Korompot, PhD (Sekretaris Kantor Urusan Internasional), Ichsan Invanni,MSc (Koordinator Eropa Kantor Urusan Internasional) dan Helmy Pratiwi (staf Kantor Urusan Internasional). Sementara dari pihak UWE dihadiri oleh Dr John Lanham, Associate Dean,  International & External Partnerships, Dr Kevin Golden (Associate Head of Department – Engineering Design and Mathematics), Prof. Steven Neill (Executive Dean), Dr Peter Spencer Phillips (Academic Director, International and Research), Dr David Veal  (Associate Head of Department, Biological Biomedical and Analytical Sciences), Dr Bahareh Vahabi, (Senior Lecturer-Physiology, International Partnership Co-ordinator). Mr. David Keane (Head of International Office), Mrs. Abi Penaliggon (International Project Officer). Pada kesempatan ini disepakati fokus kerjasama dalam bentuk :

  • Program 2+2, yaitu program joint degree untuk level sarjana dimana mahasiswa UNM dapat mengikuti program ini yaitu kuliahnya selama 2 tahun di UNM dan 2 tahun di UWE.
  • Program 3+1+1, yaitu program joint degree untuk  level sarjana yaitu mahasiswa UNM dapat mengikuti program ini yaitu kuliah 3 tahun di UNM dan 1 tahun 1 UWE dilanjutkan dengan 1 tahun persiapan program master di UWE.
  • Sandwich program untuk program master dan doctor bagi mahasiswa UNM di UWE selama 3-4 bulan.

Pada akhir acara ini, pihak UWE juga menyatakan rencana kunjungan ke UNM dalam beberapa bulan ke depan dan berharap dalam kurun waktu 6 bulan, kerjasama yang telah digagas sudah dapat terlaksana.

Acara dilanjutkan pada sore harinya yaitu pertunjukan tari dan musik yang dilaksanakan di gedung The Octagon. Pada acara ini menampilkan berbagai macam musik dan tari khas Indonesia seperti Tunrung Pa’kanjara, Tari Pinisi, Tari Doger Kontrak, dan Tari Yospan. Tari dan musik ini dipersembahkan oleh dosen dan mahasiswa FSD UNM yang terdiri dari 15 orang. Acara dihadiri oleh delegasi dari UNM, mahasiswa UWE, staf akademik UWE, mahasiswa Indonesia yang kuliah di UWE dan masyarakat Indonesia yang bekerja di Bristol, UK.

University of Roehampton, London

Tanggal 21 Oktober 2014, delegasi UNM bertolak ke London. Sebelum menuju ke University of Roehampton (UoR), seluruh delegasi UNM berkunjung ke Kedutaan Besar Indonesia di London. Pada acara ini, delegasi UNM dan pendamping diterima langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk UK, Bapak T.M. Hamzah Thayeb dan plt. Atdikbud Bapak Dino Kusnadi. Acara dimulai dengan sambutan Dubes RI untuk UK. Dalam sambutannya Dubes RI menyampaikan berbagai macam program yang bisa ditindaklanjuti antara PT di Indonesia dan PT di UK . Tidak lupa beliau memberikan contoh-contoh kerjasama yang telah terjalin antara PT di Indonesia dan PT di UK. Selanjutnya Rektor UNM dan Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama UNM memaparkan maksud dan tujuan kedatangan delegasi ke Inggris dan hasil-hasil kerjasama yang telah dicapai antara UNM dengan PT di UK serta rencana kegiatan Muhibah Seni dan Kerjasama UNM. Tim Muhibah Seni UNM juga mendapat tawaran untuk tampil di acara Hello Indonesia di Trafalqar Square London tahun 2015. Hal ini menunjukkan adanya minat yang tinggi dari masyarakat Inggris akan kebudayaan dan kesenian Indonesia

Tim delegasi selanjutnya menuju ke UoR untuk penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) dengan UoR di London. Penandatangan ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah ditandatangani kedua belah pihak pada tahun 2013. Pada penandatangan MoA di UoR, disepakati adanya pembimbingan untuk publikasi internasional bagi mahasiswa UNM yang akan menyelesaikan studinya pada level S2 dan S3. Selain itu didiskusikan pula mengenai berntuk kerjasama pertukaran staf, pertukaran mahasiswa dan credit earning. Pada acara ini, dihadiri oleh seluruh delegasi dari UNM dan Prof. Paul O’Prey (Vice Chancellor UoR), Dr. Mark Garner (Head of Department Whiteland College), Dr, Ann David (Head of Dance Department) and beberapa staff akademik dari UoR. Acara ini dilanjutkan dengan penyerahan kecapi bugis dan satu pasang baju adat Makassar kepada pihak UoR untuk pembukaan Indonesian Art Corner di UoR yang akan dipajang di UoR. Pada kesempatan ini pula Dr. Ann David menyatakan rencana kunjungannya ke UNM tahun 2015 untuk mencari peluang kerjasama  lain dengan UNM.

Workshop tari di UoR dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2014 yang menyajikan tari Dao Bulan dari Toraja dan Pa’kacapi sebagai materi dari workshop. Workshop diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari UoR. Sore harinya, acara dilanjutkan dengan pertunjukan seni dan tari dari mahasiswa FSD UNM yang dihadiri mahasiswa dan staf akademik UoR.

Leave a Reply