Kuliah Umum “Safeguarding Your Teens in Digital Era”

Untitled document

IMG_5376UNM – Fakultas Psikologi UNM kedatangan tamu seorang psikolog anak, remaja dan keluarga yaitu Elizabeth T. Santosa, M.Psi yang membawakan kuliah umum dengan tema “Safeguarding your teens in digital era”. Pada mata kuliah ini Ibu tiga anak yang sering disapa Ibu Lizzi memaparkan dampak positif dan negatif dari media sosial terhadap karakter generasi milenia (Zaman Internet). Kuliah umum ini berhasil menarik banyak perhatian baik dari mahasiswa maupun civitas dari fakultas psikologi terbukti dari gedung BM 101 yang berkapasitas ratusan orang namun pada kuliah ini banyak yang harus rela kuliah sambil berdiri karena tidak mendapatkan kursi yang kosong.

 IMG_5525

Kegiatan ini berlangsung berkat kerjasama dari Pihak Fakultas Psikologi UNM dengan BEM Kema F.Psi UNM. Pada kesempatan ini pula Miss Lizzi memberikan materi yang sangat edukatif serta memberikan tips dan trik tentang upaya yang dapat dilakukan remaja untuk mengontrol serta menggunakan kecanggihan teknologi kearah yang positif. Selain itu, Miss Lizzi banyak memaparkan tentang peran orang tua dalam pembangunan karakter anak pada era digital ini sehingga anak dapat menggunakan internet dengan lebih cerdas.

IMG_5444

IMG_5389

Miss Lizzi membawakan materi dengan sangat komunikatif dan berhasil memukau peserta yang hadir di ruangan BM 101 F. Psikologi UNM. Kuliah umum ini dimulai pukul 09.30 WITA dan karena materi yang menarik serta sesi dialog yang cukup lama sehingga acara ini berakhir pukul 12.00 WITA. Kuliah ini dibuka dengan sambutan hangat dari Pembantu Dekan I F. Psi UNM dan diakhiri dengan penutup yang sangat meriah oleh Dekan F. Psikologi UNM. Diakhir acara ,tidak lupa pihak Fakultas dan BEM memberikan piagam penghargaan kepada Miss Lizzi dan kemudian dibalas pula dengan sumbangan buku karangannya untuk disumbangkan ke perpustakaan Fakultas Psikologi UNM.

PROFIL PEMATERI:

  • Namaa lengkap Elizabeth T. Santosa, M.Psi sering disapa Miss Lizzi.
  • Praktisi Psikolog Anak, Remaja dan Keluarga yang sekarang merupakan ibu dari 3 putri.
  • Pembicara/ Keynote speaker di berbagai Seminar Parenting di Jakarta, Bekasi, Surabaya, dan Makassar.
  • Menyandang gelar magister psikologi pada tahun 2010 di Universitas Taruma Nagara dengan konsentrasi pendidikan dan klinis anak.
  • Bintang Tamu dan Nara sumber sejumlah media (cetak dan televisi), instansi pemerintah (Polda Metro Jaya, Ditjen Industri dan Informatika, BKKBN) dan swasta (Coca cola, Unilever).
  • Memulai karirnya dalam bidang akademik di President University, Cikarang sebagai dosen.
  • Tenaga pendidik (dosen) di Swiss German University.
  • Memiliki biro konsultasi psikologi yang bernama Wellness Development Center dan menjadi psikolog partner di Yayasan Praktik Psikologi.
  • Aktif membantu Komnas Perlindungan Anak Indonesia bersama Bapak Arist Merdeka Sirait.
  • Beliau baru merampungkan buku perdananya yang berjudul “Raising Children in Digital Era” yang berisi pola asuh anak yang  efektif dalam menghadapi tantangan perkembangan media dan teknologi.

Leave a Reply