LPM Penalaran Kirim Delegasi Lomba KTI Nasional

Untitled document

dilatnas1UNM – Lembaga Penelitian Mahasiswa Penalaran Universitas Negeri Makassar mengikuti kegiatan Lomba Karya Tulis Nasional (LKTN) dan Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Diklatnas) oleh Ikatan Lembaga Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Indonesia (ILP2MI) yang dilaksanakan pada tanggal 9-11 Maret 2015 di Universitas Muhammadiyah Makassar, Sulawesi Selatan. Pelaksana dalam kegiatan ini yakni dari tiga lembaga penalaran dan penelitian di wilayah Regional V (Sulawesi, Maluku, Papua) yakni LKIM-PENA Unismuh, LPM Penalaran UNM, dan UKM KPI UNHAS. Sebanyak 20 UKM penalaran dan penelitian dari berbagai Universitas se-Indonesia hadir dalam kegiatan ini sebagai perwakilan dari masing-masing regional yang tergabung dalam keanggotaan ILP2MI.

 

LKTIN dan Diklatnas yang diselenggarakan oleh ILP2MI ini bertemakan Revitalisasi Nilai-nilai ILP2MI dalam Mewujudkan Lembaga yang Visioner. Adapun UKM Universitas di Indonesia yang turut berpartisipasi antara lain Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Haluoleo, Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, Universitas Tanjung Pura, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Negeri Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas PGRI Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

diklatnas-2

Delegasi LPM Penalaran UNM yang mengikuti LKTIN ini yaitu Ulfa Aulyah Idrus (Matematika), Nuraini Yusuf (Kimia), Agus Supramono (PGSD) dengan judul Desain Kurori ( Buku Velecro Geometri) dengan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dalam Pembelajaran Geometri untuk Murid Kelas V Sekolah Dasar. Selain itu, LPM Penalaran UNM juga mendelegasikan beberapa anggota diantaranya Khusnul Khatimah, Sri Wirdayani Syam, Rahmawati, Kamal Purnama, Amal Jaya dan Rully Iswanto untuk mengikuti Diklatnas

Kegiatan diklatnas diawali dengan acara pembukaan pada hari Senin 9 Maret 2015 yang dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Walikota Makassar, Ismunandar. Setelah acara pembukaan berlangsung, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dari finalis karya tulis ilmiah yang terdiri dari 17 Finalis. Juri dalam kegiatan ini yakni Dr. A. Rahman Rahim M.Hum, Dr. Hj. Ihyani Malik, M.Si dan Andi Khaerul S.Kel, M.Si. Setelah presentasi karya tulis, kegiatan dilanjutkan dengan Talk Show mengenai ke-ILP2MI-an dengan pemateri Nasrul Haq Syarif. S.Sos., M.PA, Andi Irhamsyah, S.Si., M.Si dan Erwin Saputra, S.Pd. Hari kedua, kegiatan diklatnas dilanjutkan dengan penerimaan materi pertama tentang teori kepemimpinan nasional oleh Dr. Syamsul Rijal M.Si (Wakil Walikota Makassar) dan materi kedua tentang manajemen organisasi nasional oleh Prof. Dr. Haedar Akib, M.Si.

Kegiatan tersebut resmi ditutup oleh Rektor Unismuh Makassar Dr. H. Irwan Akib, M.Pd.  Beliau berpesan kepada seluruh peserta untuk tidak pernah kehilangan idealisme sebagai mahasiswa serta melakukan hal yang jauh lebih baik dari hari ini. Adapun pemenang dari LKTN yakni sebagai juara pertama dari UIN Maulana Malik Ibrahim, juara kedua dari Universitas Negeri Yogyakarta, dan juara ketiga dari Universitas Hasanuddin Makassar.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan sebagai forum komunikasi bagi mahasiswa dalam hal mampu berinteraksi membentuk sebuah perubahan bagi bangsa kedepan. Menuju bangsa yang ilmiah

Leave a Reply