kadın doğum doktoru gebelik hafta hafta gebelik kadın doğum kadın doğum uzmanı istanbul kadın doğum doktoru bahçelievler kadın doğum doktoru normal doğum kadın hastalıkları sezeryan doğum hamilelik belirtileri

3 Mahasiswa UNM Ikuti Forum Indonesia Muda 2015

fim

Untitled document

fimUNM – 3 Mahasiswa Universitas Negeri Makassar kembali mengembangkan sayapnya di Forum Indonesia Muda (FIM), mereka tidak hanya mewakili kampus orange tetapi juga mewakili kampus regional Sulawesi Selatan. Ketiga mahasiswa tersebut yakni:

  • Muhammad Akbar, FBS / Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (Studi Lanjut 2013)
  • Nadzra Aisyah Kalisa, FMIPA / Prodi Pendidikan Matematika ICP (2011), dan
  • Agnes Rapi Pabumbun, FBS / Prodi Pendidikan Bahasa Jerman (2012).

Forum Indonesia Muda merupakan Forum Kebangsaan yang dihadiri oleh 151 mahasiswa PTN / PTS dari pelbagai penjuru tanah air, dan bahkan mahasiswa Internasional dari NUS, dan NTS Singapore yang telah dinyatakan lolos seleksi dari ribuan kandidat peserta. Forum kebangsaan tersebut dilaksanakan beberapa hari yang lalu (selama 5 hari), mulai 29 April – 3 Mei 2015 di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta. Forum ini dibuat sebagai sarana peningkatan kompetensi pemuda / mahasiswa dalam rangka menyiapkan pemimpin masa depan dan wadah silaturahmi untuk membangun kontribusi bersama.

Forum Indonesia Muda (FIM) bekerja sama dengan Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) mengadakan pelatihan character building & leadership lifeskill angkatan ke-17 yang bertemakan “Bung Hatta Teladan Beta”. Figur Bung Hatta dipilih karena beliau adalah pemimpin bangsa berkarakter yang mampu memberikan teladan bagaimana berperilaku jujur, baik dalam berhubungan keseharian, dan itu sangat diharapkan agar semangat kebangkitan mahasiswa / pemuda Indonesia akan semakin tumbuh yang merujuk kembali kepada pribadi Bung Hatta. Forum Kebangsaan ini juga merupakan forum yang sangat istimewa yakni sebuah forum yang tiap tahunnya dihadiri oleh Anies Baswedan yang tak lain adalah bapak menteri pendidikan kita. Namun, kali ini beliau berhalangan hadir dan diwakili oleh Asisten Staff Kementerian Pendidikan RI. Materi demi materipun tiap harinya disajikan oleh para pemateri yang kompeten dalam bidangnya masing-masing seperti dari Kementerian Pendidikan, Kementerian Luar Negeri, Prof. Dr. Meutia Hatta Swasono, S.S.,M.A (Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan), Dra. Halida Hatta, Erie Sudewo (Founder Dompet Duafa), dr. Joserizal Jurnalis (Presidium MER-C), A. A. Gde Bagus Semara Wima (General Manager HR Strategi Kompas Gramedia), Prof. Maizar Rahman (Mantan Sekjen OPEC), Prof. Dr. Rhenald Kasali (Founder Rumah Perubahan / Guru Besar UI), Elly Risman, M.Psi, Bambang Widjoyanto (Wakil Komisaris Non-aktif KPK), Ainun Najib (Penggagas KawalPemilu.org), Eko Prasetyo (Direktur Utama LPDP), dan masih banyak lagi.

Pelatihan ini dirancang dengan menggunakan pendekatan pendidikan untuk orang dewasa (andragogy)  dan mengedepankan proses experimental learning. Para pesertapun  proaktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran yang mencakup:

  • Pengajaran Interaktif
  • Diskusi kelas dan dinamika kelompok
  • Coaching individu dan kelompok
  • Unjuk ekspresi seni dan outbound

Mahasiswa yang terpilih dari latar belakang almamater yang berbeda tersebut telah dibekali namun tetap bersinergi dalam menyongsong “Indonesia Emas 2045”.

Leave a Reply