kadın doğum doktoru gebelik hafta hafta gebelik kadın doğum kadın doğum uzmanı istanbul kadın doğum doktoru bahçelievler kadın doğum doktoru normal doğum kadın hastalıkları sezeryan doğum hamilelik belirtileri

Rektor UNM : Guru itu Panggilan Jiwa

Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menerima Mahasiswa Baru Program PPG Prajabatan Tahap II Tahun 2020. Untuk Tahun Akademik 2020 UNM mendapatkan kuota dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan sebanyak 5 (lima) bidang studi diantaranya Bidang Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 175 Orang, Bidang Studi Teknik Otomotif 75 Orang, Bidang Studi Akuntansi dan Keuangan 50 Orang, Bidang Studi Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura 75 Orang, Bidang Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) 100 Orang.

Berdasarkan hal tersebut di atas Rektor Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. H. Husain Syam, M.TP., mengajak Putra Putri Terbaik Indonesia yang memiliki Panggilan JIWA untuk dididik menjadi GURU Profesional yang UNGGUL untuk Indonesia Maju melalui PPG Prajabatan Tahap II Tahun 2020. Hal ini berdasarkan Surat Pengumuman Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1141/E/PB/2019 Perihal Seleksi Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Tahun 2020. Dalam berbagai kesempatan Rektor UNM mengajak alumni S1/DIV yang memiliki JIWA pendidik atau Panggilan JIWA untuk mendaftar menjadi mahasiswa pada Program Studi PPG di UNM. Khusus untuk Tahap II ini UNM diberi kuota 5 Bidang Studi dan dipersilahkan memilih berdasarkan latar belakang pendidikannya atau linieritas keilmuannya. Lebih lanjut Rektor UNM menjelaskan bahwa para Alumni PPG mempunyai kesempatan yang lebih banyak untuk menjadi guru karena berdasarkan aturan yang ada hanya guru yang bersertifikat profesi yang diperbolehkan mengajar dan peluangnya untuk lulus dalam penerimaan CPNS sangat besar karena mereka sudah mendapatkan skor 100 untuk Tes Kompetensi Bidang (TKB). Jadi kalau sudah lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) maka otomatis sudah diterima jadi CPNS Guru, ujarnya.

Data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mencatat guru yang akan pensiun pada tahun 2019-2023 terus meningkat. Pada tahun 2019 dan tahun 2020 masing-masing diproyeksikan sebanyak 39,1 ribu orang dan 46,9 ribu orang. Tahun berikutnya 2021 sebanyak 64,8 ribu orang, 2022 sebanyak 77,5 ribu orang, dan 2023 sebanyak 88,3 ribu orang. Dengan begitu, total guru yang pensiun sebanyak 316,5 ribu orang sepanjang kurun waktu tersebut. Guru yang pensiun tersebut berdampak pada berkurangnya ketersediaan guru di Indonesia.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UNM Prof. Dr. rer. nat Muharram, M.Si., menyampaikan bahwa untuk menjadi mahasiswa Program Studi PPG UNM harus melalui beberapa tahapan:

  • Pendaftaran daring tanggal 02 – 30 Januari 2020
  • Seleksi Administrasi tanggal 15 – 31 Januari 2020
  • Pengumuman Hasil Seleksi administrasi tanggal 04 Februari 2002
  • Seleksi Akademik, bakat, minat, kepribadian dan panggilan jiwa tanggal 08-09 Februari 2020

dan diharapakan para calon dapat mendaftar secara daring melalui laman http://pendaftaran.ppg.ristekdikti.go.id sampai dengan tanggal 30 Januari 2020 Pukul 23.59. Untuk info selengkapnya dapat melihat dilaman http://www.unm.ac.id (©AS)

Download Pengumuman Seleksi Program PPG 2020

Leave a Reply