kadın doğum doktoru gebelik hafta hafta gebelik kadın doğum kadın doğum uzmanı istanbul kadın doğum doktoru bahçelievler kadın doğum doktoru normal doğum kadın hastalıkları sezeryan doğum hamilelik belirtileri

Prodi Bahasa Jerman FBS UNM Adakan Kuliah Umum

Program Studi Bahasa Jerman, Jurusan Bahasa Asing FBS Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan acara penerimaan dan penyambutan (Hezlich Willkommen) kepada 2 orang pengajar praktikan bahasa Jerman dari Jerman, Laura Ganzmann dan Alissa Geisler dan kuliah umum bertajuk “Das Schulsystem und DaF-Studium in Deutschland,” di ruang senat FBS UNM, Kampus UNM Parangtambung Makassar, Senin (10/2/2020).

Seperti yang dilaporkan Sukardi Weda, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FBS UNM, dari Makassar, penyambutan dan juliah umum ini dihadiri oleh Dekan FBS UNM, Prof. Dr. Syukur Saud, Wakil Dekan bidang Akademik, Dr. Sahril, Dr. Asdar, M.Pd yang juga Dekan FKIP Unibos, Ketua Jurusan Bahasa Asing, Dr. Muh. Anwar, Pimpinan dan dosen Bahasa Asing FBS UNM, dan mahasiswa bahasa Jerman FBS UNM sekitar 100 orang.

Dekan FBS UNM, Prof. Dr. Syukur Saud dalam sambutan penerimaannya mengatakan, ini kesempatan baik untuk belajar bahasa Jerman buat adik-adik mahasiswa. Syukur Saud sangat senang dengan kehadiran kedua penutur asli bahasa Jerman tetsebut, karena sudah sekitar 10 tahun tidak ada praktikum yang diajar langsung oleh penutur asli bahasa Jerman.

Syukur Saud menambahkan bahwa sejak kehadiran Prof. Kordula Schulze dari Universitas Munster, bulan September 2019 tentang peluang praktikan dan akhirnya di bulan Oktober 2019 sudah ada kabar bahwa ada 2 kandidat, dan ternyata mereka adalah Laura Ganzmann dan Alissa Geisler.

Dr. Muh. Anwar selaku Ketua Jurusan Bahasa Asing dalam sambutannya mengatakan semoga kehadiran merekaberdua dapat dimanfaatkan terutama untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Jerman.

Ketua Program Studi bahasa Asing, Dr. Syamsu Rijal mengatakan dalam sambutannya sangat mengapresiasi kedatangan mereka berdua di Makassar untuk melakukan praktikan. Syamsu Rijal juga memperkenalkan program studi bahasa Jerman yang memiliki 18 dosen yang terdiri atas 3 profesor dan kebanyakan doktor, dan 3 diantaranya adalah master.

Laura Ganzmann dan Alissa Geisler akan mengajar bahasa Jerman pada Program Studi Bahasa Jerman FBS UNM selama enam minggu. Mereka adalah mahasiswa semester akhir program magister di Jerman yang mendapatkan kesempatan untuk mengajar dan praktikan di Indonesia atas biaya dari Pemerintah Jerman.

Usai perkenalan pimpinan dan dosen yang hadir, mereka kemudian diberi kesempatan untuk berbagi pengetahuan dengan peserta yang hadir tentang sistem pendidikan di Jerman dan studi di perguruan tinggi di Jerman. Mereka juga menyampaikan informasi beasiswa, dan lebih jelasnya dapat dilihat pada link DAAD.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Sahril dalam perkenalannya mengatakan sangat berterima kasih atas kedatangan mereka berdua. “Manfaatkan keduanya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jerman adik-adik mahasiswa,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Dr. Sukardi Weda, yang juga Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan FBS UNM menyambut dengan antusias kehadiran mereka dan berharap mereka dapat berbagi pengetahuan, budaya, dan bahasa kepada mahasiswa FBS UNM. (**)

Leave a Reply