kadın doğum doktoru gebelik hafta hafta gebelik kadın doğum kadın doğum uzmanı istanbul kadın doğum doktoru bahçelievler kadın doğum doktoru normal doğum kadın hastalıkları sezeryan doğum hamilelik belirtileri

Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona (COVID-19), Dosen Elektronika UNM Kembangkan Remote Labolatory

Makassar, 2020.- Menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Surat Edaran Gubernur Sulawesi Selatan terkait pencegahan penularan Virus Corona (COVID-19), beberapa Perguruan Tinggi yang ada di Sulawesi Selatan juga mulai mengeluarkan kebijakan terkait hal tersebut, termasuk Universitas Negeri Makassar yang telah mengeluarkan himbauan agar pelaksanaan perkuliahan diberlakukan secara full daring (dalam jaringan).

Kebijakan tersebut mulai diberlakukan sejak 17 Maret hingga 31 Maret 2020 dan akan menyesuaikan pada perkembangan penyebaran virus COVID-19. Adapun pelaksanaan pembelajaran full daring dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki UNM yaitu:1) LMS UNM dengan laman http://lms.unm.ac.id/; 2) KELASE dengan laman http://unm.kelase.id/; 3) SPADA UNM dengan laman http;//spada.unm.ac.id/;.

Pembelajaran daring tentunya juga diharapkan berjalan secara efektif sebagaimana mestinya. Tidak terkecuali pada pembelajaran praktek/praktikum.

Melihat hal tersebut, dosen Elektronika FT UNM memiliki sebuah inovasi pembelajaran khusus mata pelajaran praktek dengan mengembangkan model Remote Laboratory pada praktikum elektronika sebagai pembelajaran praktikum jarak jauh. Hal ini diharapkan menjadi langkah antisipasi penyebaran virus COVID-19 dengan adanya pembelajaran praktikum jarak jauh dengan sistem praktikum online.

Adapun Praktikum online berbasis secara realtime ini terdiri atas beberapa bagian yaitu perangkat interface alat laboratorium riil, kamera untuk memantau secara online kegiatan pengukuran dan kegiatan praktikum yang alatnya berada pada ruang laboratorium, dilengkapi dengan modul-modul praktikum. Remote Laboratory digunakan untuk membantu kegiatan praktikum yang dapat dilaksanakan secara jarak jauh dengan memadukan dunia nyata dengan dunia maya/virtual menggunakan jaringan internet (online). Interaktifitas yang terjadi melalui media berbasis komputer yang dilengkapi dengan kamera untuk tampilan visual pada laboratorium. Pada sisi yang lain siswa akan melaksanakan praktikum secara realtime dengan posisi peralatan berada pada laboratorium riil.

Dr. Hendra Jaya, S.Pd., MT. Selaku dosen Elektronika FT UNM yang juga merupakan pengembang remote laboratory untuk praktikum jarak jauh mengatakan bahwa kondisi saat ini memang tidak memungkinkan untuk adanya perkuliahan secara langsung untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 sehingga semua sistem pembelajaan dialihkan ke sistem daring. “untuk pembelajaran praktikum yang seperti biasanya dilaksanakan dalam labolatorium kini harus dialihkan ke sistem daring, olehnya itu kami dosen elektronika mencoba membuat inovasi ini untuk mentaktisi pembelajaran praktikum dapat tetap berjalan dengan sistem remote laboratory yang kami kembangkan”, tuturnya.

Leave a Reply