Husain Syam Terpilih Lagi Jadi Rektor UNM

Husain Syam menunjukkan dominasinya usai memenangi pemilihan rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) periode 2020-2024, Rabu (15/4/2020). Husain Syam unggul mutlak dengan merebut 100% suara.

Pemilihan rektor UNM dilakukan secara online dengan menggunakan sistem e-votting. Ini adalah pemilihan tahap 2 yang diikuti 3 calon.

Mereka adalah Prof Husain Syam, Prof Ramli Umar, dan Tuti Supatminingsih.

Dari hasil rekapitulasi sebanyak 95 suara, 33 diantaranya atau 35% suara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, serta 62 suara atau 65% dari Senat UNM. Dari akumulasi suara ini, Prof Husain Syam merebut semua suara dan tidak menyisakan satupun untuk dua calon lainnya.

Pilrek UNM di tahap kedua ini, anggota senat menggunakan hak suaranya secara online yang terbagi di beberapa ruangan dengan menggunakan aplikasi e-voting. Begitupun dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Ketua Senat UNM Dr Sulaiman Samad mengetok palu rapat senat tertutup pemilihan rektor. Prof Husain Syam dinyatakan sebagai rektor terpilih periode 2020-2024.

“Dengan ini menyatakan Prof Husain Syam sebagai rektor terpilih periode 2020-2024 berdasarkan hasil voting dari senat dan kementerian,” kata Sulaiman kepada portalmakassar.com, Rabu (15/4).

Atas terpilihnya kembali Prof Husain Syam sebagai Rektor UNM, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbud, Diyah Ismayanti menyampaikan selamat atas amanah baru yang diemban.

“Selamat kepada rektor terpilih kembali menjabat di periode kedua, sukses selalu yah pak,” kata Diyah.

Sementara, Prof Husain Syam menyampaikan apresiasi kepada panitia pilrek, senat dan Kemendikbud atas capaian yang telah diumumkan hari ini.

“Kita merasa bersyukur karena memperoleh hasil yang sungguh kredibel, dari suara kementerian 35 persen itu utuh. Saya sangat profesional menjalankan pemilihan rektor ini, tanpa ada intervensi ke panitia,” ujar Prof Husain.

Dia juga menyampikan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak, khususnya anggota senat dan panitia pilrek. Tentu, terpilihnya kembali adalah amanah dan tantangan berkat dukungan yang didapat.

“Saya meyakini tidak bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan kita semua, dan atas nama seluruh civitas akademika UNM saya menyampaikan selamat dan terima kasih. Mari kita sama-sama mengantarkan UNM lebih baik,” tuturnya.

Translate »