Tim Dosen Pengabdi UNM Terapkan PKM Teknologi Sanitasi Lingkungan

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Penerapan Teknologi Sanitasi Lingkungan Pada Kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah Di Kelurahan Ma’rang Kabupaten Pangkep yang dilakukan oleh Tim Dosen Pengabdi UNM yang diketua oleh Bapak Dr. Faizal Amir, M.P.

Mitra PKM ini adalah kelompok masyarakat yang berpenghasilan rendah dilingkungan Sangalle Kelurahan Ma’rang yang diketua H. Ridwan.

PKM ini diawali dengan melakukan perizinan dan sosialisasi. Selanjutnya dilakukan pelatihan dan pendampingan membuat Jamban yang sehat dan tempat pembuangan sampah yang aman pada lingkungan. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, tanya jawab, dan memberikan petunjuk langsung kepada mitra membuat Jamban yang sehat dan Tempat Pembuangan Sampah.

Produk yang dihasilkan adalah satu unit Jamban Keluarga yang Sehat dan satu unit Tempat Pembuangan Sampah yang aman terhadap lingkungan. Jamban yang sehat terdiri dari Bak WC yang dilengkapi dengan Sistem Perembesan sehingga sehingga usia pakai Jamban akan lebih lama dan lebih sehat.

Pelaksanaan kegiatan PKM dimulai pada bulan Juni 2020 sampai bulan Agustus 2020. Mitra menginginkan agar kegiatan PKM ini dilanjutkan untuk tahun depan pada rumah tangga yang lain.

Kegiatan PKM ini menambah pengetahuan dan keterampilan mitra membuat Jamban. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

Leave a Reply