Wakil Rektor 3 Hadir Beri Motivasi dan Arahan pada MUBES IKBIM UNM

Ikatan Keluarga Bidikmisi Universitas Negeri Makassar (IKBIM UNM) menghelat Mubes VI di Aula FH Jurusan Matematika FMIPA UNM, Kampus UNM Parangtambung, Sabtu (22/8/2020).

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Dr. Sukardi Weda, Muh. Andis Hidzifatullah M Pd, yang juga pendiri dan Ketua Umum IKBIM Periode 2014 – 2016, Rustan Ruslan, Ketua Umum IKBIM 2018 – 2019, Muh. Nur Iksan M, Ketua Umum IKBIM Periode 2019 – 2020, serta 35 orang peserta MUBES.

Dalam laporannya, ketua panitia Mubes Firman Effendi, menyampaikan Mubes IKBIM UNM setiap tahunnya dilaksanakan untuk mempertanggungjawabkan kepengurusan tahun sebelumnya dan untuk memilih ketua dan perangkatnya.

“Semoga IKBIM dapat memperbaiki generasi sebelumnya dan generasi mendatang,” harapnya.

Muh. Andis Hidzifatullah M Pd, yang juga pendiri dan Ketua Umum IKBIM UNM 2014 – 2016, menyampaikan bahwa Bidikmisi itu, identik dengan miskin dan prestasi, serta memutus mata rantai kemiskinan.

Muh. Andis juga menambahkan bahwa di IKBIM itu, terjalin kekeluargaan yang tidak akan putus, ada ikatan emosional.

“IKBIM harus ada di UNM sebagai wadah untuk belajar banyak hal, seperti publik speaking, menghargai orang lain, dengan menghargai orang lain, akan terbangun relasi,” ungkapnya.

Dalam sambutan, arahan, dan pembekalannya, Sukardi Weda, menyampaikan banyak hal, mulai dari berorganisasi yang benar dan juga memberikan banyak motivasi kepada para peserta.

Ia mengatakan bahwa IKBIM ini adalah wadah bagi adik-adik yang memperoleh beasiswa BIDIKMISI, maka mari merajut kebersamaan di dalam organisasi ini.

“Mubes IKBIM ini menunjukkan bahwa roda organisasi berjalan dengan baik, untuk mencari figur Ketua Umum Periode 2020 – 2021,” pungkasnya.

Sukardi Weda melanjutkan bahwa dari dua calon ketua umum yang ada, keduanya perlu duduk bersama, untuk saling merangkul, kalau yang satunya menang, yang lain tetap dirangkul (diakomodasi), demikian halnya kalau calon lain yang terpilih, juga merangkul yang kalah, “Tapi intinya adalah Andinda berdua sudah menjadi pemenang,” tandasnya.

Sukardi juga berbagi pengetahuan, untuk diperhitungkan di organisasi, maka lakukan minimal lima hal ini: perbaiki kinerja, jalin silaturahim tanpa memandang jabatan seseorang, integritas, jangan money oriented, dan bangun jaringan (networking).

Disamping materi keorganisasian, Sukardi Weda juga memberikan motivasi kepada peserta sebagai calon pemimpin masa depan bangsa ini. Dari sekarang Anda harus punya visi yang jelas, 20 tahun kedepan. “Anda harus menjadi apa, desain dari sekarang, tambahnya. Sukardi juga menegaskan bahwa Anda beruntung dapat aktif di IKBIM karena Anda memperoleh ilmu yang sunnah,” pungkasnya.

Menurut Sukardi, tujuan mahasiswa datang ke UNM adalah untuk belajar, itulah yang wajib, tetapi setelah terjun ke masyarakat, kecerdasan kognitif tidaklah cukup, tetapi harus memiliki kemampuan kepemimpinan (leadership), manajemen, keorganisasian, pengambilan keputusan, public speaking (orator), yang hanya dapat diraih melalui organisasi, baik organisasi intern kampus maupun organisasi di luar kampus.

Leave a Reply

Translate »