Klinik Sosiologi Prodi Sosiologi Gelar Webinar Internasional Gender dalam buku Enseklopedia Muslimah Reformis

Klinik Sosiologi Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar sukses menyelenggarakan Webinar Internasional bertema-kan Gender dalam buku Enseklopedia Muslimah Reformis.

Webinar ini digelar atas kerjarsama dengan Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) pada hari Selasa,06 Oktober 2020. Kegiatan seminar virtual dibuka langsung oleh Prof. Dr. Jumadi, S.Pd.,M.Si, selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Menurutnya Seminar yang dilakukan program studi Sosiologi melalui Klinik Sosiologi dapat mencerahkan kita dan mengembangkan ilmu pengetahuan, apalagi Sosiologi sangat relevan untuk pengembangan isu-isu gender.

dr. Rahmi Nur Alam selaku pengurus Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP) dalam sambutannya oleh berharap webinar muslimah reformis ini menjadikan kita yang agen perubahan khususnya kita kaum yang mendidik manusia, terutama para akademisi.

Seminar virtual yang berlangsung hikmat dengan antusias peserta yang mencapai lebih dari 400 peserta baik yang ikut melalui via zoom maupun streaming youtube. Ucap Ketua Program Studi Sosiologi Dr.(cand) Idham Irwansyah. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoA Yang tujuannya semata-mata untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, dan sebagai implementasi tiga level fokus operasi klinik sosiologi. Tambahnya.

Salah-satu narasumber webinar malam tadi prof. Gadis Arivia, menuturkan kesetaraan bahwa gender itu bukan berbicara hanya tentang perempuan saja, karena kesetaraan gender juga berkaitan dengan laki-laki. Sehingga laki-laki perlu di Re-edukasi dalam hal ini. Dalam penelitian jga membuktikan bahwa kesetaran gender atau gender equality berkorelasi dengan Human Happiness dan Indeks of happiness. Olehnya itu sangat pentingya disuatu negar ketika meningkatkan kesetaraan gender agar populasi negara itu lebih bahagia. Tambah Profesor Sosiologi Mongtomery College, USA ini.

Selain Ibu Gadis, kegiatan ini juga dihadiri oleh narasumber dalam bidang gender dan feminis yang luar biasa, yakni ; Prof. Musda Mulia Selaku Penulis, Prof. Alimatul Qibtiyah, Ph,.D selaku Komnas Perempuan RI, Prof. Emy Susanty dari ASWGI, dan Dr. Lu’mu Taris dari Pusat Penelitian Gender dan anak UNM.

Kegiatan ini berlangsung hikmat dengan dipandu oleh sosiolog muda Sopian Tamrin, S.Pd.,M.Pd. Universitas Negeri Makassar sekaligus Pengelola klinik sosiologi UNM. Semua narasumber memberikan perspektif yang segar dan sangat terbuka terkait isu gender dan ini adalah iklim baik yang semestinya kita kembangkan dilingkungan kampus. Tambahnya.

Leave a Reply