kadın doğum doktoru gebelik hafta hafta gebelik kadın doğum kadın doğum uzmanı istanbul kadın doğum doktoru bahçelievler kadın doğum doktoru normal doğum kadın hastalıkları sezeryan doğum hamilelik belirtileri

Mahasiswa KKN di Toraja Utara Lakukan Penyuluhan Covid-19 dan Bagikan Masker di Upacara Rambu Solo

Sebanyak 27 Mahasiswa KKN-PPL TERPADU XXI UNM yang berdomisili di Toraja Utara membuat sebuah program kerja tentang penyuluhan bahaya dan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat Toraja Utara. Melihat kebiasaan masyarakat Toraja yang rutinnya melaksanakan upacara adat Rambu Solo’ yang mulai ramai diselenggarakan di akhir tahun ini menjadi sebuah kesempatan untuk melakukan Penyuluhan Covid-19 ini. Hal ini didasari oleh hasil pengamatan kami sendiri yang melihat masih kurangnya perhatian dalam berkegiatan di tengah pandemi ini seperti tidak menggunakan masker, masih berkontak fisik/jabat tangan dan lain sebagainya. Juga perlunya edukasi yang lebih mudah dipahami dan dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh masyarakat setempat khususnya para orang tua dan lanjut usia dengan menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa Toraja sendiri. Dalam kegiatan ini juga Mahasiswa KKN UNM Domisili Toraja Utara membagi-bagikan masker bagi masyarakat yang tidak memakai masker. Hal tersebut direspon baik dan diapresiasi oleh masyarakat dan pihak keluarga yang menyelenggarakan upacara Rambu Solo’.

“Terimakasih kepada Mahasiswa UNM Makassar sudah hadir di tengah-tengah kita dan memberikan hal-hal yang penting dan bermanfaat yang sering dianggap remeh, Sukses selalu!”, ucap salah seorang keluarga.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan pada upacara adat Rambu Solo’ yang berlokasi di Panuli Lembang Sarambu, Toraja Utara pada selasa 14 Oktober 2020.

Ditulis oleh: Ira Arianti (mahasiswa KKN)
instagram: @kknunm_torajautara

Translate »