UNM Gelar Kuliah Umum Transformasi Keinsinyuran di Indonesia

Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar kuliah umum bertajuk Transformasi Keinsinyuran di Indonesia dengan menghadirkan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Heru Dewanto yang dirangkaikan dengan penandatanganan PII dan UNM menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) tentang pendirian PSPPI di UNM, yang dilaksanakan secara daring dan luring, serta penandatanganan yang berpusat di gedung Pinisi UNM. Selasa (22/12/2020)

“Kesatuan Insinyur Indonesia Mendatanganani MoU dan MoA dengan UNM, pada intinya perjanjian kerjasama ini adalah pendirian program study profesi isinyur. Kami berkomitmen dengan UNM untuk menjadikan UNM ini sebagi yang pertama kali, pelopor dalam pelaksanaan PSPPI sesuai peraturan Ditjen Dikti. Jadi yang pertama kali nanti UNM kita uapayakan mendirikan psppi sebagai tindak lanjut peraturan dirjen dikti,” ungkapnya.

Heru Dewanto mengatakan, terjadi selisi yang sangat besar antara sarjana tekniksetiap tahunnya ada 60.000 sarjana taknik tapi yang bisa di sinyurkan hanya 40.000, sehingga diperlukan upaya untuk mengurangi selisi tersebut.

“Jadi kita memilik saat 42 perguruan tinggi yang melaksanan PSPPI tapi kebutuhannya masih kurang, kalau kita berbicara sarjana teknik setiap tahunnya sekita 60.000 sementara yang bisa di insinyurkan melalui program psppi paling banyak 4.000 setahun, jadi kita punya selisi yang sangat besar nah upaya untuk menambah itu ada di peraturan dirjen dikti”

Menyambut hal tersebut, Rektor UNM, Prof. Husain Syam mengatakan UNM dengan segala potensi dan dan dukungan akan siap menjadi pelopor pertama dalam melaksanakan PSPPI.

“Saya kira UNM akan mengambil peran itu sesuai dengan amanah dari PII pusat UNM dengan segala potensi yang dimiliki dan segala daya dukung yang ada, akan menjadi pelopor peraturan Ditjen Dikti itu, kami akan buktikan kepada pengurus PII dan sehingga kita menghadirkan profesional insinyur untuk mengakselerasi pembangunan,” tegasnya.

Husain Syam yang juga merupaka putra terbaik asal Sulbar ini mengatakan akan segera menindak lanjuti hal tersebut, sehingga UNM mnejadi pelopor yang pertama kali membuka PSPPI.

“Segera kami laksanakandikungan dri pii dukungan dari direktur eksekutif itu kita siapkan siapkan proposalnya untuk kita sampaikan ke dirjen dikti. Pelopor pertamakali membuka PSPPI sesuai dengan peraturan Ditjen Dikti” jelasnya.