WR 3 Hadiri Pembukaan Musyawarah Racana XLII Gudep Kota Makassar 08.095 – 08.096

Gugus Depan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju menggelar pembukaan Musyawarah Racana XLII UKM Pramuka UNM bertajuk: Sinergi Menuju Racana yang Unggul, di Baruga Benteng Somba Opu, Kabupaten Gowa, pada Jumat, 22/01/2021.

Kegiatan pembukaan dihadiri oleh Kak Sukardi Weda, yang juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Kak Prof Dr. Kasmawati, yang juga Ketua Gudep PUTRI Opu Dg. RISAJU
Kak Nurhayati, yang juga nara sumber ahli, Kak Dr. Irfan, yang juga Pembina Racana Putra Ranggong Dg.Romo, Kak Akmal, yang juga anggota Dewan Kerja Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka,
Ketua UKM Pramuka UNM, Kadri dan Sinar, Ketua UMUM UKM PMI UNM, Ketua Umum UKM SENI UNM, dan para peserta yang mengikuti kegiatan secara luring dan daring.

Kak Prof Dr Kasnawati Salam sambutannya menekankan bahwa salah satu tujuan dari kepanduan ini adalah untuk bina diri dan bina masyarakat. Hal senada juga disampaikan Kak Sukardi Weda dalam sambutannya bahwa dalam kepanduan, kita harus meningkatkan kesalehan diri dan kesalehan sosial kita. Jangan hanya saleh, tetapi juga harus muslih, yakni berbuat kebaikan untuk orang-orang di sekitar kita, ujarnya.

Dalam acara pembukaan Musyawarah Racana tersebut, juga dilakukan pemberian Bintang Tahunan. Pemberian bintang tahunan sebagai penghargaan atas pengabdian pengurus di gugus depan selama satu tahun. Bintang tahunan diberikan kepada Gudep Ranggong Dg. Romo sebanyak 9 orang dan Opu Dg. Risadju sebanyak 13 orang.