Wakil Rektor 3 UNM Menjadi Panelis pada Lab Series Lab Series #Campus Tour TP FIP UNM

Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) FIP UNM mengadakan kegiatan Lab Series Campus Playlist #Campus Tour bertajuk: Organisasi Kemahasiswaan di Masa Pandemi, pada Sabtu, 30 Januari 2021, Live on YouTube TP FIP UNM.

Lab Series episode 3 of #Campus Tour at Campus Playlist Podcast ini menghadirkan 3 pabelis, yakni Dr Sukardi Weda, yang juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UNM, Presma BEM FIP UNM, dan Ketua Umum LPM Penalaran UNM. Ketiga nara sumber tersebut dipandu oleh Andriani, mahasiswa TP FIP UNM, yang juga host dalam giat tersebut.

Ketiga panelis berbagi cerita mengenai organisasi kemahasiswaan di masa pandemi.

Kesempatan pertama diberikan kepada Sukardi Weda, dengan mengomentari pertanyaan yang diberikan host, tentang apa itu organisasi kemahasiswaan. Sukardi Weda yang juga mantan WD 3 FBS UNM menguraikan secara gamblang tentang Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) dan UKM, baik untuk tingkat prodi, jurusan, fakultas maupun universitas. Sukardi Weda juga menambahkan bahwa mshasiswa adalah elemen penting untuk mengangkat citra atau reputasi universitas melalui beragam kegiatan di bidang penalaran, minat, dan bakat. Kegiatan dan pelayanan akademik dan kemahasiswaan di masa pandemi, tetap berjalan meskipun kampus UNM dalam keadaan lockdown untuk memutus mata rantai Covid-19, ujarnya. Kegiatan kemahasiswaan tetap berjalan, ada yang dilaksanakan secara blended, yakni menggabungkan antara luring dan daring, ada juga yang sepenuhnya full daring, dan luring. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring tetap mematuhi protokol kesehatan (3M), yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau menghindari kerumunan.
Dalam pemaparannya sebagai jawaban dari host dan peserta, Sukardi Weda juga menyampaikan bahwa tujuan utama mahasiswa datang ke kampus adalah untuk belajar dan itu kewajiban mahasiswa, namun jangan melupakan yang sunnah, yaitu berorganisasi karena dengan aktif di organisasi, dapat mendewasakan kemampuan berpikir, bertutur, dan berperilaku, pungkasnya. Kemampuan memimpin (leadership), time management, membangun tim, mengambil keputusan/kenijakan, dan langkah strategis memecahkan masalah didapat dalam organisasi, baik organisasi intra maupun ektra kampus, ujarnya.
Sukardi Weda juga mrmberikan formula dalam berorganisasi, yaitu 5W + 1H (Why, What, When, Where, Who, dan How).
Why atau mengapa, maksudnya mengapa masuk dalam organisasi, ini terkait dengan tujuan seseorang berorganisasi, baik tujuan individu maupun tujuan bersama, seperti merealisasikan tujuan atau cita-cita bersama (collective goal), membuat seseorang disiplin dan berdaya saing, memiliki etos kerja, membangun tim, mengelola waktu, dan membangun jaringan. What atau apa maksudnya organisasi apa yang sesuai dengan minat dan bakat serta tujuan profesional dan karir di masa depan. When atau kapan, maksudnya kapan harus berorganisasi, yah sekarang tentunya, sebagai persiapan untuk belajar berbagai hal. Where atau dimana, maksudnya dimana harus berorganisasi, yah tentunya di internal kampus, melalui berbagai organisasi kemahasiswaan dan UKM sesusi dengan talenta dan visi kedepan. Who atau siapa, maksudnya dengan siapa kita berorganisasi, yah tentu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan cita-cita atau tujuan. How atau bagaimana, maksudnya bagaimana mencapai tujuan organisasi yang telah dirumuskan dalam Renstra atau rencana aksi. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka semua potensi organisasi dimaksimalkan peran dan fungsinya.

Host kemudian memberi kesempatan kepada Sukardi Weda, untuk menyampaikan closing ststement. Sukardi Weda, kemudian mengatakan untuk adik-adik semua, belajar yang sungguh-sungguh untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa ini.

Translate »