UNM Gelar Upacara Peringatan Dies Natalis ke-60

Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar upacara peringatan Dies Natalis ke-60 yang digelar hari ini, Senin 2 Agustus 2021. Dies Natalis kali ini mengusung tema “Satu Untuk UNM, Tetap Jaya Dalam Tantangan”. Upacara pun diselenggarakan dengan protokol kesehatan dan dilaksanakan secara daring dan luring demi pencegahan Covid-19.

Dalam pidatonya, Husain Syam mengatakan sedang mempersiapkan peningkatan status perguruan tinggi berbadan hukum atau PTN BH. Saat ini, UNM masih berstatus PTN Badan Layanan Umum (BLU) berdasarkan SK Menteri Keuangan Nomor 321/KMK. 05/2019 tertanggal 5 April 2019.

“Saat ini UNM melakukan persiapan menuju PTN berbadan hukum atau PTN BH, kami sudah punya tim penyusun PTNBH,” ucap Husain Syam lewat pidatonya, Senin (2/8/2021).

Untuk mewujudkan target tersebut, UNM juga akan menghadirkan Badan Pengelola Bisnis (BBP), Development Center, Lembaga Inovasi dan Kewirausahaan, serta Lembaga Sertifikasi Profesi.

Peningkatan kapasitas kelembagaan kata Husain terus digenjot kata eks Dekan Fakultas Teknik ini.

Prof. Husain menjelaskan, selama periode kepemimpinannya, UNM telah bertransformasi secara kelembagaan dengan berbagai capaian strategis.

“Tahun 2018 kita mendapat kepastian Yuridis dengan disahkannya statuta UNM melalui Permenristekdikti nomor 7 tahun 2018.

Selanjutnya, penguatan kelembagaan dengan Organisasi dan Tata Kerja (OTK) UNM yang baru dengan terbitnya Permenristekdikti nomor 15 tahun 2019.

Dimana Lembaga Penelitian (Lemlit) dan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) kini bergabung menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).

Beberapa perubahan mendasar juga akan dilakukan yakni Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum.

“Kita juga akan hadir di empat pusat studi baru,” tuturnya.

Yakni bidang gender, penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan, pengembangan pemuda dan olahraga, dan pusat studi SDGs.