Rektor UNM Kukuhkan 9581 Mahasiswa Baru pada PKKMB 2021

Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di ruang Teater Menara Pinisi, bertajuk: Generasi Pemungkin UNM di Era MBKM, Kamis, 12/08/2021.

Kegiatan PKKMB 2021 yang dilaksanakan secara Blended, yakni memadukan antara luring dan daring dihadiri oleh Rektor UNM, Ketua Senat, para Wakil Rektor, para Dekan dan Direktur PPS, para Ketua Lembaga, para Kepala Biro, Ibu Darma Wanita, Kepala UPP Kampus Parepare dan Bone, dan dihadiri 9581 mahasiswa baru.

Prof. Dr. Sukardi Weda, S.S., M.Hum, yang juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM melaporkan bahwa tujuan dari PKKMB ini adalah untuk membantu mahasiswa baru agar mampu beradaptasi dengan lingkungan kehidupan kampus, baik di bidang akademik maupun non akademik, serta untuk mengembangkan potensi mahasiswa baru sehingga dapat berinovasi, berkarakter, berkarya serta mampu berdaya saing dengan perguruan tinggi lain tanpa meninggalkan nilai – nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 serta kearifan lokal.
Dalam laporannya, Sukardi Weda menambhkan bahwa anak-anakku beruntung menjadi mahasiswa UNM karena UNM adalah PT yang memiliki akreditasi Unggul A dan dengan dukungan infrastruktur dan suprastruktur yang sangat memadai untuk menjadikan anak-anakku sekalian sebagai calon pemimpin masa depan bangsa ini. You are the agent of change of this nation. The power of change is YOU. Sebelum mengakhiri laporannya, Sukardi Weda mengajak mahasiswa baru untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengisi kecerdasan intelektusl, kecerdasan emosional, da kecerdasan spiritual anak-anakku.

Rektor UNM, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng. mengawali sambutannya dengan memperkenalkan para pejabat UNM dan dalam sambutannya mengatakan bahwa UNM adalah PT terbanyak meloloskan mahasiswanya pada program MBKM 2021. Saya ingin menjadikan mahasiswa UNM sebagai mahasiswa Pemungkin, menjadikan yang tidak mungkin menjadi mungkin, ujarnya.
Prof. Dr. Ir. Husain Syam menambahkan bahwa kita mau UNM sama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Amerika, Eropah, dan lain-lain, dalam berbagai hal, terutama dalam mengakses informasi dan teknologi dimanapun Anda berada, karena UNM telah memiliki infrastrukturnya.
Menjadilah mahasiswa yang bertalenta untuk mengharumkan nama UNM, ujarnya.
Tujuan dari PKKMB ini adalah menjadi arah bagi mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus. Sebelum mengakhiri sambutannya, Prof. Dr. Ir. Husain Syam memberikan apresiasi berupa hadiah kepada mahasiswa baru yang memiliki prestasi di bidang minat dan bakat, termasuk penghafal/hafidz Al-Qur’an, baik di tingkat nasional maupun internasional. Prof. Dr. Ir. Husain Syam juga berjanji untuk memberikan hadiah kepada mahasiswa baru berprestasi UNM yang mengikuti PKKMB secara virtual, dengan membawa bukti perlombaan yang diikuti.

Dr. Abdul Kahar, M.Pd., yang juga Kepala Pusat Pelaporan dan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam kuliah umumnya menyampaikan filosofi lahirnya Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sebagai jawaban Revolusi Industri 4.0. Orang yang menjadi mahasiswa UNM, adalah orang orang yang kreatif, oleh karena itu mari memanfaatkan kesempatan ini, pungkasnya. Anda memilih UNM, Anda akan diempa menjadi orang orang yang kreatif. Anda adalah calon pemimpin masa depan bangsa ini, ujarnya. Mahasiswa harus memperoleh ilmu di luar kampus untuk beraptasi dengan lingkungan dan perubahan global. Persiapkan diri anak-anakku sekalian untuk menghadapi tantangan global, ujarnya.