Launching dan Sosialisasi P3D UKM PRAMUKA UNM

Tim Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Negeri Makassar melaksanakan Launching dan Sosialisasi pelaksanaan P3D Tahun 2021 pada September 2021 bertempat di Kantor Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Lima belas (15) orang petani dari Dusun I dan lima belas (15) orang petani dari Dusun II merupakan peserta dari sosialisasi P3D ini. Tiga puluh petani tersebut merupakan petani aren di Desa Tompobulu yang akan dibagi menjadi beberapa kelompok kewirausahaan.

Selain peserta, kegiatan ini dihadiri oleh pembina-pembina, Tim P3D, anggota, dan purna. Turut hadir Kepala Desa Tompobulu beserta aparatnya, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangkep dan Kepala Satuan Tugas Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada sosialisasi ini, Kak Nurhayati, S.Pd., M.Pd. yang biasa disapa kak Nur selaku Narasumber Ahli Racana Opu Dg. Risadju menyampaikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini juga merupakan kegiatan dari bina desa.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan bina desa dan merupakan salah satu kegiatan dari gugus depan. Desa Tompobulu merupakan desa binaan UKM Pramuka UNM, yang mana telah dilaksanakan penandatanganan Memorial of Understanding (MoU) pada tahun lalu. Jadi, bukan hanya kegiatan P3D yang dilaksanakan di desa ini, tetapi kegiatan tersebut bagian dari bina desa,” tuturnya.

Selain itu, Plt. Kepala Desa Tompobulu dalam hal ini kak M. Firmansyah Nur, S.S., TP. menyapaikan sambutannya sekaligus membuka acara. Beliau mengharapkan mengenai kegiatan dari UKM Pramuka UNM dan mengharapkan kerjasama dari warga, khususnya petani aren.

“Kegiatan P3D ini merupakan kegiatan UKM Pramuka UNM untuk membantu petani-petani aren di desa ini. Jadi, diharapkan kerjasama dari bapak-bapak dan ibu-ibu untuk memajukan perekonomian di Desa Tompobulu. Karena, banyak yang bisa dijadikan potensi. Selain aren, ada kacang tanah, jahe, porang, dan juga wisata yang tentunya akan menjadi potensi besar,” ucapnya.

Selain itu, beliau juga berharap dengan adanya P3D ini, bisa membantu Desa Tompobulu dan lebih dikenal oleh dunia luar baik gula aren maupun wisatanya.

Translate »