Ikuti Kompetisi Essai Nasional, Tiga Pengurus HIMA AK FE UNM Sukses Tiga Juara

Tiga pengurus Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA AK) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (FE UNM) sukses meraih tiga juara sekaligus dalam kompetisi essai nasional.

Ketiga pengurus ini yakni, Dian A. Permatasari (Anggota Bidang Pendidikan dan Kaderisasi HIMAPSI FE UNM), Yuspita Sari (Ketua Bidang Hubungan Masyarakat HIMA AKSI FE UNM) dan Rahmatul Asri (Bendahara Umum HIMA AKSI FE UNM).

Diketahui, kompetisi ini diadakan oleh Generasi Baru Indonesia (GenBI) wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel), Komunitas Penerima Beasiswa Bank Indonesia wilayah Sulsel, dengan nama GenBI Opini Competition (ONCEM).

ONCEM yang mengangkat tema “Pulihkan Ekonomi Bangkitkan Literasi di Masa Pandemi Covid-19,” ini diadakan oleh Deputi Pendidikan GenBI Wilayah Sulawesi Selatan yang berkolaborasi dengan OMG, secara Daring (Dalam jaringan) via Zoom, Rabu (08/09/2021).

GenBI ONCEM ini adalah kompetisi Essai, yang dikemas dengan rangkaian acara sosialisasi dan sharing session terkait isu ekonomi terkini yang akan menjadi tema penulisan.

Peraih juara pertama, Dian A. Permatasari dengan judul essai “Aku Pinang Kamu dengan Sagu Mewujudkan Perekonomian Papua di Era Covid-19,” mengatakan ini menjadi lomba pertama yang ia ikuti.

“Alhamdulillah saya bisa lolos sampai tahap final, untuk kedepannya semoga masih diberikan kesempatan untuk ikut lomba lainnya. Semua orang berhak untuk berprestasi, tapi harus ingat untuk selalu rendah hati dan menghargai prosesnya,” ujar Dian via WhatsApp, Jumat (10/09/2021).

Sementara itu, peraih Juara ketiga Yuspita Sari, dengan judul essai “Bisnisku: Platform Literasi Ekonomi Bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19,” berharap pengurus lainnya bisa menyalurkan bakat dan minatnya dalam menulis untuk meningkatkan literasi dikompetisi seperti ini.

“Saya selalu mengambil setiap kesempatan, karena sejatinya hal yang paling berkesan bukanlah penghargaannya tapi pengalamannya,” ujar Fita sapaan akrabnya.

Selanjutnya, peraih Juara keempat Rahmatul Asri, dengan judul essai “Letikom: Platform Literasi Ekonomi Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19,” mengaku sangat senang bisa berpartisipasi dalam perlombaan ini.

“Walaupun mendapatkan juara-4 saya tetap merasa bangga, karena bisa memberikan juara untuk Akuntansi dalam perlombaan ini,” ujar Asri.

“Bekerja keras dan banyak meluangkan waktu untuk belajar bisa membawa saya sampai di tahap 5 besar. Saya juga percaya bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil,” tutupnya.

Penulis: Fitria Khaerunnisya Asril