UKM Seni Gelar Lokakarya dan Weibinar Nasional

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) SENI Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Lokakarya dan Webinar Nasional bertajuk: Membangun Kreativitas Pekerja Seni melalui Digitalisasi di Tengah Pandemi Covid-19 di Ruang ICT, lt. 3 Gedung Menara Pinisi, Jl. A. P. Pettarani, Makassar pada Sabtu (16/10/2021).

Nara sumber dalam Webinar Nasional ini adalah Prof. Dr. Sukardi Weda, yang juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM, Rizki Amaliah, yang juga Koordinator Literasi Digital KEMKOMINFO, Martin Anugrah, yang juga Content Creator.

Webinar yang dihelat secara blended, memadukan luring dan daring dihadiri sekitar 300 peserta, baik dari mahasiswa UNM, mahasiswa dari PT lain di Indonesia maupun para pekerja seni, dibuka oleh Prof. Dr. Sukardi Weda. Dalam sambutannya, Sukardi Weda mengatakan bahwa pandemi Covid-19 yang datang sekonyong-konyong memaksa seseorang untuk beralih dari kegiatan yang acapkali dilakukan secara manual ke kegiatan yang dilakukan secara virtual/daring dengan menggunakan beragam perangkat atau platform di era teknologi digital.

Sukardi Weda juga menambahkan bahwa Covid-19 yang mewabah mrmberikan dampak besar terhadap keberlangsungan kehidupan dan membuat ekonomi porak-poranda, dimana – mana perusahaan gulung tikar yang berakibat pada PHK karyawan, pemutusan hubungan kerja berakibat terjadinya pengangguran, yang juntrungannya menjadi beban masyarakat, ujarnya.

Salah satu profesi yang terdampak oleh pandemi Covid-19 adalah pekerja seni, pungkasnya. Sukardi Weda berharap supaya para pekerja seni tetap eksis dan menggeliat di masa pandemi ini dengan memanfaatkan teknologi digital. Ia juga berharap supaya setiap pekerja seni supaya melek teknologi digital (digital literacy), sehingga dapat bersaing di era teknologi digital ini.

Translate »