Kuliah Modul Nusantara Digelar Secara Daring

Kuliah Modul Nusantara, Chapter: Tokoh Inspiratif – Ilmuwan Sukses berlangsung pada Minggu, 14/11/2021 secara daring yang diikuti oleh peserta dari seluruh pelosok tanah air. Kegiatan yang bertajuk “Self and Career Development in the Era of Disruption,” tersebut menghadirkan Prof. Dr. Sukardi Weda, yang juga Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Makassar (UNM) sebagai nara sumber.

Dalam sambutannya, Dr. H. Ahmad, S.Ag., S.Psi., M.Si, yang juga Ketua Program Studi S2 Psikologi PPS UNM mengatakan bahwa
Program Modul Nusantara, sama halnya dengan Program MBKM, dari Kemdikbudristek untuk Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia. UNM adalah PT yang paling banyak menyerap Program Modul Nusantara dan MBKM. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta ilmu pengetahuan dengan menghadirkan pakar atau tokoh yang dapat menginspirasi para peserta, ujarnya.

Dalam pemaparan materinya, Prof Dr Sukardi Weda menguraikan tentang apa itu self dan career development. Sukardi Weda menambahkan bahwa kesuksesan dapat diraih dengan mengawinkan antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Banyak orang gagal karena tidak memiliki kecerdasan emosional, meskipun mereka cerdas secara intelektual, paparnya.

Ia juga menjelaskan supaya mahasiswa tidak hanya mengasah kecerdasan kognitifnya di bangku kuliah tetapi juga berusaha untuk meningkatkan soft skillnya, yang dapat diperoleh di berbagai organisasi intra dan ekstra kampus, sebagai sarana pengembangan diri. Sebagai pemuda atau calon pemimpin bangsa ini, maka belajarlah dengan baik karena masa depan bangsa ini, ada di tangan kalian, ujarnya.

Sukardi Weda juga menegaskan bahwa kesuksesan ditentukan oleh berbagai faktor terkait (associated factors), salah satunya adalah mengatur waktu (time management). Tidak sedikit orang gagal mencapai sukses karena ketidakmampuannya mengatur waktu, ujarnya.

Translate »