PMM Laksanakan Kontribusi Sosial Di Sekolah Impian

Sejumlah Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Universitas Negeri Makassar melaksanakan kegiatan kontribusi sosial di sekolah impian yang bertempat di Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan kontribusi sosial yang bertema “Sumbangsih Pendidikan Nusantara” ini merupakan salah satu kegiatan modul Nusantara yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kepeduliaan dan kepekaan terhadap kondisi sosial disekitar mereka. Sekolah impian ini juga merupakan sebuah sekolah yang seluruh siswanya berasal dari latar belakang pemulung.

“Melalui kontribusi sosial para peserta modul nusantara diharapkan memiliki kepedulian dan kepekaan sosial serta dapat melaksanakan sendiri kegiatan tersebut dari awal perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi” tutur Irfan selaku Dosen Pembimbing Lapangan.

Seluruh Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan yang dimulai dengan mahasiswa menyiapkan dan merancang seluruh kegiatan hingga terjun ke sekolah sebagai panitia sekaligus pengisi acara mulia ini. Kegiatan konstribusi sosial sangat bermanfaat bagi siswa sekolah impian.

Kegiatan ini terdiri dari 3 kegiatan inti. Kegiatan pertama adalah kegiatan mengajar atau penyampaian materi, ada materi tentang pentingnya pendidikan, materi tentang bahasa Jepang dan materi tentang kebhinekaan. Kegiatan kedua adalah melakukan kegiatan outbound bersama siswa sekolah impian. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing masing kelompok ada 6 orang siswa. Outbond yang dimainkan yaitu estafet bola, mendirikan botol dengan tali dan estafet karet dengan sedotan. Lalu kegiatan ketiga, terdapat penyerahan bingkisan berupa alat kebersihan, Hand sanitizer, kebutuhan siswa yaitu tas ransel dan alat tulis, dan mainan-mainan kecil, serta bantuan sumbangan berupa uang tunai untuk pengembangan sekolah.

Kegiatan ini terselenggara dengan lancar dan sukses. Para siswa sangat semangat dan antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Harapannya, dari kegiatan konstribusi di Sekolah Impian, dari siswa dan juga para mahasiswa dapat mendalami pentingnya pendidikan dari latar belakang apapun. Semoga melalui kegiatan ini, kita sebagai penerus generasi muda Indonesia semakin yakin arti dari sebuah perjuangan, pengabdian, dan jiwa sosial.

“Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat kepada siswa sekolah impian dan meningkatkan semangat dan pemahaman tentang pentingnya pendidikan.” Tutup Rialdi Alam Harahap salah satu Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan juga merupakan ketua pelaksana kegiatan ini.

Salam, Konstribusi Bersama-Bermakna Selamanya
Penulis : Muqsitulqadri Syarif

Translate »