FMIPA UNM dan UTM Selenggarakan International Online Colloquium

(FMIPA UNM – Makassar) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan International Online Colloquium bersama Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Sabtu-Minggu (22-23/01/22). Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendiskusikan hasil penelitian terkini dalam bidang pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Pada kegiatan ini, beberapa dosen dari FMIPA UNM dan UTM mempresentasikan hasil penelitian terkini, khususnya terkait tiga topik diskusi utama, yakni:

  1. Advancing Science and Mathematics Education in 21st Century, oleh Dr. Khaeruddin (UNM) dan Prof. Dr. Zaleha Ismail (UTM)
  2. Shaping the Science and Mathematics Educators through Innovation in Teaching and Learning, oleh Assoc. Prof. Dr. Muhammad Anwar (UNM), Dr. Nor Hasniza Ibrahim (UTM), dan PM Dr. Johari Surif (UTM)
  3. Tapping Constructivist Theory in Science and Mathematics Learning, oleh Dr. Nurwati Djam’an (UNM), Dr. Nina Diana Nawi (UTM), dan Dr. Noorzana Khamis (UTM).

(doc. Sambutan Dekan FMIPA UNM, Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D.)

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA UNM, Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D., menjelaskan bahwa colloquium yang diadakan oleh UTM dan UNM tersebut akan memberi manfaat bagi seluruh peserta dan kedua institusi.

“Saya percaya bahwa makalah yang akan dipresentasikan hari ini akan mencerahkan kita semua di sini, khususnya terkait penerapan model pembelajaran yang dapat diimplementasikan dalam sistem pendidikan kita. Saya memastikan ini kegiatan akan menjadi kegiatan yang bermanfaat dan juga menyenangkan bagi Anda semua. Saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua panitia yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan kegiatan ini.” Ungkap Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D., Dekan FMIPA UNM.

Sejumlah 18 orang mahasiswa dari UNM dan 16 orang mahasiswa dari UTM turut berpartisipasi sebagai presenter pada paralel session kegiatan Colloquium ini untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Para peserta Colloquium mengaku sangat senang dengan adanya acara ini, karena dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk bertemu dan melaksanakan pertukaran ilmu pengetahuan antara mahasiswa.

“Selaku salah satu peserta untuk online Colloquium saya cukup nervous, karena jika presentasi yang biasanya saya lakukan di kelas dihadiri oleh teman-teman sekelas saja, sekarang saya harus presentasi di hadapan teman-teman dan dosen dari Malaysia. Disamping itu, saya juga merasa bangga bisa menjadi bagian dari Colloquium ini. It’s one of my greatest experience.” Ungkap Nurakmasari, salah satu mahasiswa dari Jurusan Biologi FMIPA UNM.

Translate »