Wisuda Periode Maret, Rektor UNM : Alumni Harus Jadi SDM Unggul

Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar wisuda tahun akademik 2021/2022 periode Maret 2022, di Ballroom Pinisi, Rabu (30/3).

Sebanyak 1.000 orang lulusan diwisuda dari berbagai program dan jenjang studi. Masing – masing Program Doktor 16 orang, Program Magister 161 orang, Program Sarjana 812 orang dan Program Diploma 11 orang.

Dari keseluruhan wisidawan, terdapat 802 orang program kependidikan dan 198 orang program non kependidikan. Dengan demikian, sampai hari ini, lulusan UNM berjumlah 144.972 orang yang terdiri dari 131.541 lulusan program kependidikan dan 13.431 orang non kependidikan.

Dalam sambutannya, Rektor UNM Profesor Husain Syam atas nama pribadi dan civitas akademika mengucapkan selamat kepada seluruh lulusan atas keberhasilan yang telah dicapai dalam menyelesaikan pendidikan di almamater tercinta ini.

“Semoga apa yang telah diperoleh mendapat ridha dan berkah dari Allah,” tuturnya.

Dirinya juga yakin bahwa selama ini para orang tua wali dan keluarga telah memberikan yabg terbaik kepada putra putrinya, dimana tidak kenal lelah memberikan pengorbanan yang diiringi doa sehingga bisa meraih gelar hari ini.

Tak lupa, Profesor Unggulan ini berpesan agar apa yang telah diperoleh bukanlah segala-galanya dan hanya merupakan dasar untuk belajar. Sebab, menuntut ilmu dalam Islam adalah perintah agama.

Sehingga ia berharap agar alumni mempersiapkan diri dengan baik untuk mengabdikan diri. Tujuannya, bisa mengangkat derajat sumber daya manusia (SDM) yang lebih unggul di tengah masyarakat.

“Anda harus memiliki daya juang dan dedikasi yang tinggi dan tidak mudah menyerah serta memiliki budi pekerti, akhlak yang mulia tentunya,” tegasnya.

Tidak hanya itu, ulumni UNM wajib menunjukkan jati diri sebagai ilmuan yang profesional dalam bidang ilmu yang digeluti selama ini. Sehingga dapat menjadi lulusan berkualitas dan mampu bersaing dalam melaksanakan tugas di tengah masyarakat.

Kepada Ikatan Alumni (IKA) UNM, dirinya menitipkan harapan kiranya pada alumni baru ini dapat dibina, sehingga terjalin hubungan baik sesama alumni dengan almamaternya.

“Saya yakin banyak alumni UNM yang telah sukses bekerja dan menjadi enterpreneur. Jadi saya titipkan agar alumni baru ini dapat dibantu dan diarahkan memasuki dunia kerja sesuai kompetensi dan bidang ilmu yang dimiliki,” ujarnya.

Translate »