Laboratorium Kebun Percobaan Biologi (LKPB) FMIPA UNM Kembali dibuka Untuk Umum

Laboratorium Kebun Percobaan Biologi (LKPB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali membuka layanan pendidikan bagi siswa SD, SMP atau SMA untuk semester ganjil tahun ajaran 2022/2023.

Layanan praktikum laboratorium ini kembali dibuka setelah dua tahun terakhir dipasifkan karena pandemi.

“Layanan Pendidikan yang ditawarkan LKPB FMIPA UNM berupa layanan pembelajaran praktikum bagi siswa SD, SMP maupun SMA di Sulawesi Selatan,” Kepala LKPB FMIPA UNM Adnan, Kamis (22/9/2022).

LKPB FMIPA UNM merupakan salah satu unit dari Jurusan Biologi FMIPA UNM yang berfokus pada pembelajaran praktikum. Layanan pembelajaran praktikum oleh LKPB FMIPA UNM ini sebagai salah satu solusi dalam meningkatkan pembelajaran di sekolah.

Selain itu, Adnan mengatakan layanan pendidikan praktikum LKPB FMIPA UNM ini juga sebagai solusi atas ketimpangan pembelajaran sains yang terjadi di sekolah. Karena menurutnya terdapat ketimpangan antara pembelajaran praktikum dan teori di lingkup bidang sains di sekolah.

“Kami membuka layanan pendidikan di LKPB FMIPA UNM ini karena kami melihat adanya ketimpangan yang terjadi pada pembelajaran di sekolah. Dimana beberapa sekolah cenderung tidak memberikan pembelajaran praktikal di lingkup sains, padahal praktikum masuk dalam kompetensi dasar yang harus dicapai siswa, khususnya dalam pelajaran IPA dan Biologi,” jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Kunjungan LKPB Aldi mengatakan selain pembelajaran praktikum dalam laboratorium, LKPB FMIPA UNM juga menyediakan pembelajaran praktikum langsung di alam. Layanan ini disesuaikan dengan permintaan dari pihak sekolah selama relevan dengan tujuan pembelajaran di kurikulum SD, SMP, maupun SMA.

“Layanan pembelajaran praktikum yang ditawarkan di LKPB ini disesuaikan dengan permintaan dari pihak sekolah. Kami dapat memenuhi permintaan layanan praktikum selama praktikum yang diminta masih relevan dengan kurikulum SD, SMP, dan SMA,” ujarnya.

Bagi sekolah yang berminat untuk menerima layanan pembelajaran praktikum dapat melakukan pendaftaran secara langsung dengan mengunjungi LKPB FMIPA UNM yang beralamat di Jalan Mallengkeri No. 44 tepat di depan Kampus UNM Parangtambung. Pendaftaran juga dapat dilakukan dengan menghubungi kontak koordinator LKPB +62855341650799.