LDF RM FT-UNM Masuk Kedalam 75 PelaksANA PPK Ormawa Tebaik

Minggu 13 November 2022. Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Raudhatul Mujaddid (RM) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (FT-UNM) sebagai salah satu Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) yang memperoleh hibah pelaksanaan kegiatan (Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan) mendapat kunjungan secara langsung oleh tim visitasi PPK Ormawa Dirjen Belmawa Kemendikbudristek Tahun 2022.

Visitasi kegiatan PPK Ormawa merupakan salah satu rangkai kegiatan PPK Ormawa setelah pelaksanaan kegiatan Penilai Kemajuan Program (PKP). Tim Pelaksana yang lolos ke tahap visitasi merupakan tim pelaksana yang memperoleh nilai tertinggi dalam pelaksanaan kegiatan yang dinilai dari laporan pelaksanaan kegiatan, logbook dan Pelaksanaan PKP. Dari 328 tim di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, LDF RM FT-UNM termasuk kedalam 75 tim pelaksana terbaik dalam kegiatan PPK Ormawa dan lolos ketahap visitasi sehingga mempunyai pulang besar untuk menang di Abdidaya Ormawa tahun 2022.

Visitasi untuk sesi wawancara sekaligus untuk penilaian (Support Sistem Perguruan Tinggi, Keterlibatan Dosen Pendamping dan Peran Organisasi Kemahasiswaan) dilakasanakan di Ruang Rapat Rektor Lantai 7 Menara Phinisi. Sedangkan untuk visitasi keterlaksanaan program dilaksanakan di Dusun Pandala, Desa Laikang Kab. Takalar (Lokasi Mitra PKK Ormawa LDF RM FT-UNM).

Parmin selaku ketua Tim Reviewer nasional PPK Ormawa Kemdikbudristek RI sangat mengapresiasi LDF RM FT-UNM karena telah mampu melaksanakan kegiatan dengan sangat baik yang menghasilkan teknologi tepat guna di desa Laikang dan menghasilkan produk-produk dari pengolahan limbah yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. “saya sangat tertarik dengan kegiatan PPK Ormawa LDF RM FT-UNM karena telah menghasilkan produk yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan tentunya juga sangat ramah lingkungan”.

LDF RM FT UNM juga telah memberikan warna baru dimasyarakat yang sederhana namun memiliki manfaat yang sangat besar dan produk-produk yang dihasilkan juga sangat membantu Desa dalam mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. “mungkin kedepan produk ini dapat dipasarkan oleh Bumdes serta akan di ikutkan dalam pameran-pameran hasil inovasi yang dilakukan oleh Desa sehingga bisa menjadi contoh untuk desa-desa sekitar” (tambahnya).

Kepala Desa Laikang Juga sangat mengapresiasi tim PPK Ormawa LDF yang sangat semangat, antusias dan senergitas dalam melaksanakan program PPK Ormawa sehingga program PPK Ormawa sangat bermanfaat bagi masyarakat dan tentunya sangat membantu pemerintah Desa dalam mempercepat pembangunan berkelnjutan (SDGs Desa). “masyarakat betul-betul merasakan manfaat dari kegiatan yang dilaksanakan adik-adik dari LDF RM FT-UNM dan tentunya juga sangat membantu pemerintah Desa dalam melakukan trobosan-trobosan baru di Desa yang sebelumnya tidak dilakukan karena Keterbatasan SDM, program ini juga sangat membantu dalam ketercapai SDGs Desa dan kami pemerintah desa akan melanjutkan program ini utamanya dalam memaksimalakan pemasaran produk lewat BUMDES”.

Dosen Pembimbing PPK Ormawa LDF RM FT-UNM, Moh Ahsan yang turut mendampingi tim visitasi nasional juga mengatakan bahwa program kampung iklim yang diterapkan di Desa Laikang akan terus dimaksimalkan oleh TIM PPK Ormawa LDF RM FT-UNM sehingga program ini bisa diraskan oleh semua masyarakat Desa Laikang. “kami akan terus melaksanakan dan mengembangkan program ini bersama-sama dengan mahasiswa dan perguruan tinggi sampai semua masyarakat Desa Laikang menerapkan dan merasakan manfaat dari produk yang dihasilakn oleh program ini”.