Tim mycoco.id Bisnis Digital FEB UNM Raih Prestasi di Ajang Internasional

Tim mycoco.id Bisnis Digital FEB Universitas Negeri Makassar telah sukses meraih prestasi di ajang Internasional. Tim meraih medali perak dalam ajang bergengsi Thailand Investor Days (TID) di Bangkok pada kategori IoT and Application. TID merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh National Research and Council of Thailand (NRCT), panggung bagi inovator-inovator terbaik dari seluruh Asia untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka.

Pada tahun 2024, TID diadakan di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC), Bang Na, Bangkok, Thailand. Acara tersebut berlangsung mulai tanggal 2 hingga 6 Februari diikuti oleh 25 negara di seluruh dunia. Indonesia, sebagai salah satu peserta aktif, mengirimkan 46 kontingen yang berperan sebagai perwakilan bangsa dalam kompetisi ini.

Salah satu yang menonjol adalah tim mycoco dari Universitas Negeri Makassar. Mereka tampil dengan inovasi berupa “MyCoco.id: Platform Inovatif Pemanfaatan Limbah Kelapa”. Platform ini berbasis marketplace yang mempertemukan pelaku komunitas StartUp, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta eksportir dengan petani kelapa di berbagai daerah. Melalui kerjasama yang terjalin, MyCoco.id tidak hanya menjadi wadah untuk pemasaran dan penjualan produk ramah lingkungan dari limbah kelapa, tetapi juga menyediakan fitur-fitur seperti edukasi, relawan, dan crowdfunding.

Berkat bimbingan dosen Bisnis Digital, Bapak Syamsu Alam, Valentino Aris dan mitra Bapak Rahman, UMKM Kelapana Sulsel. 

Tim mycoco.id berhasil mengembangkan inovasi mereka dengan sangat baik. Kolaborasi antara akademisi dan mahasiswa dan dunia usaha akhirnya meraih pengakuan internasional dalam  medali perak di ajang TID Bangkok Thailand.

Prestasi ini tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh pihak Pimpinan FEB, dan WR2 dan WR3 UNM, BNI Kota Makassar. Dukungan finansial, fasilitas, dan pengarahan turut menjadi kunci kesuksesan tim mycoco dalam menghadapi persaingan di tingkat internasional.

Keberhasilan ini menjadi momentum berharga bagi UNM dalam memajukan riset dan inovasi di bidang kewirausahaan sosial dan lingkungan. Semangat kolaborasi antara mahasiswa, akademisi, dan stakeholder eksternal diharapkan dapat terus ditingkatkan untuk menciptakan solusi-solusi inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas serta lingkungan hidup. 

Di ajang pemberian juara, tim Bisnis Digital FEB UNM mycoco.id mantap dengan slogan, Success in Harmony.